Minggu, 13 April 2014

Untun karet di Cafe Ilmu GeMBIRA untuk #Sajam Ameng Diluar Kelas

Waktu sudah lewat jam 7 pagi, saat Zakky siap mengantar ke Cafe Ilmu GeMBIRA. Master CACT MeSRA siap diperbanyak untuk didiskusikan dengan Forum Anak kota Bandung. Beberapa perlengkapan Dreams Board dan kemasan mamin batal dibawa. Event kali ini terinspirasi oleh #playexchange yang dishare Changemaker di twitter, #sajamamengdiluarkelas. Saat mencari foto-foto Allisa bermain dengan kawan-kawannya di rumah, ternnyata ada artikel menarik tentang main karet. Langsung saja dipublikasi di fb GeMBIRA bersama KerLiP dan dishare ke fb dan group lainnya.

Ayo main ke Dago CFD dan kumpulkan karet gelang bekas nya... di Cafe Ilmu "gembira" besok di depan SMANSA jam 7-10 pagi ya. Kita untun bareng untuk "sajamamengdiluarkelas". Tiap untunan karet yang sudah jadi kita sumbangkan ke sekolah/madrasah tempat anak-anak yang berkunjung dan menyetorkan berita acara membaca buku favorit di Cafe Ilmu GeMBIRA. Makin banyak untunan karet makin banyak sekolah yang bisa ikutan "amengsajamdiluarkelas". Nura Jamil untuk @Indonesiasehatsemua ya

Zakky dan saya mampir di toko plastik didalam pasar Simpang sebelum ke tempat fotokopian. EMpat bungkus @Rp 3.000 rasanya cukup untuk memulai.

Di Cafe Ilmu terlihat bu Tini, Iwang dan Iyen sedang bersiap membuat gelang dari tali. Perpustakaan keliling Pusarda Kota Bandung juga sudah siap menerima pengunjung. Ada Yayang dan temannya duduk memperhatikan teh Iwang.
Bu Tini, Iwang dan Ien asyik untun karet sambil menunggu pengunjung berdatangan. Untunan karet dilanjutkan Yayang dan Rizki. Yayang menyatakan rasa senangnya bisa mulai menyiapkan #sajamamengdiluarkelas sekaligus mengenalkan kaulinan lembur, budaya sunda. Kayaknya asyik juga jadi pengisi #rebonyunda ya.


Arlian, Rizki dan Yayang akhirnya bisa main karet di jalan raya depan banner Cafe Ilmu GeMBIRA dan perpustakaan keliling Pusarda kota Bandung, setelah serah terima untunan karet diberikan Manajer Cafe Ilmu GeMBIRA, Iyen. Teh Iwang sempat mencoba tapi kayaknya lumayan beurat ya teh. Sama nih udah keberatan badan.


Idenya memang dengan langkah kecil perubahan agar anak-anak lebih bugar di sekolah bisa kita dorong melalui #sajamamengdiluarkelas dengan perlengkapan yang ada di sekitar kita. Cafe Ilmu GeMBIRA siap menerima karet-karet gelang bekas nasi bungkus dst untuk diuntun bersama di Dago CFD. Tiap untunan karet akan diberikan kepada anak-anak yang bersedia memulai main karet dalam #sajamamengdiluarkelas. Harapannya kegiatan ini menginspirasi warga sekolah/madrasah terutama anak-anak untuk mewujudkan Sekolah ramah Anak dengan memanfaatkan sumber belajar di sekeliling sekolah.

Tidak ada komentar: