Jumat, 25 April 2014

HASIL CARA ASYIK CARI TAHU MeSRA di SMPN 49

terimakasih untuk Yenny yang menuliskan kembali hasil CACT MeSRA dan Rencana Aksi yang akan dilakukan anak-anak dalam 2 minggu kedepan.

Ini dia Hasilnya

Nama : Deby
Kelas : VIII-3
- Ketika mars SMP 49 di kumandangkan, saya melakukan pusat ( pungut sampah yang terlihat)
- Jika hari piket , saya datang paling awal
- Berpakaian rapi selama di sekolah
- Saya tidak pernah berbicara kasar saat di sekolah atau dimanapun
- Saya berusaha untuk tidak mengganggu teman
- Agar tidak kesiangan saya selalu bangun pagi
- Membaca Al-Qur’an sebelum belajar
- Mengucap salam jika bertemu guru
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Bersikap baik selama di sekolah, dan dimana saja
- Pulang sekolah tepat waktu

Nama : Tasya Maulidiyyah
Kelas : VIII-3

Aku selalu berpakaian rapih setiap hari, sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah selalu mengikuti tata tertib sekolah, disiplin. Aku juga selalu mengerjakan pr, membantu teman saat kesusahan, memperhatikan gueru saat menerangkan, lalu aku les di tempat les aku belajar, pulang langsung mandi , makan malam, belajar mengerjakan PR dan menonton TV sebentar lalu tidur tepat waktu.


Nama : Juanita Kintan P
Kelas : VIII-6

Aku, disekolah kalau melaksanakan piket kelas dilaksanakan saat pagi hari atau sebelum masuk sekolah. Jika ada pelajaran kosong terkadang aku suka mengunjungi perpustakaan, jika terdengar mars 49, aku melakukan pusat (Pungut Sampah yang Terlihat). Saat istirahat aku selalu memakan bekal dari rumah.
Aksi :
- Penghijauan dan kebersihan dalam sekolah
- Ketertiban siswa dalam sekolah
- Bersatu dalam memecahkan masalah
- Ketegasan dalam kepeminpinan
Masalah :
- Kotornya lingkungan sekolah
- Tidak tertibnya siswa di sekolah
- Tidak ada kekompakan dalam memecahkan masalah
- Tidak tegasnya pemimpin
Dukungan :
- Orang Tua
Kinerja :
- Portopolio


Nama : Widiandini Pnta Hasan
Twitter : @widipnta

Yang sudah aku lakukan , saya selalu piket di kelas jika saya melihat ada sampah, saya ambil dan saya buang pada tempatnya karena saya selalu melihat guru mencontohkan buang sampah pada tempatnya maka saya tiru setiap ada hari besar saya membuat artikel lalu di pasang di madding.
Masalah Prioritas :
Masalah –masalah di sekolah yang paling saya gregetan untuk beraksi yaitu makan-makanan yang tidak sehat tetapi tetap di jual di dagangkan di sekolah. Bagaimana bagi para siswa yang tidak tau, apakah itu mmakanan sehat atau tidak maka itu aksi mesra yang ingin saya lakukan adalah membuat kesepakan kepada BK untuyk mempelajari membedakan makanan sehat dan yang tidak baik agar setiap siswa tau bagaimana memilah-milah makanan yang sehat dan tidak sembarangan.
Dukungan :
Dukungan yang paling saya harapkan yaitu dukungan dan para guru untuk mengingatkan kepada siswa-siswi di sekolah, juga agar mendapat dukungan dari teman-teman.


Nama : Febbi Anggraeni
Kelas : VIII-8
Aku sudah terbiasa membersihkan kelas sesuai jadwal piket untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Aku sudah terbiasa makan pagi sebelum pergi sekolah agar ketika aku belajar staminaku bertambah jadi ketika belajar aku tidak ngantuk.
Permasalahan :
Siswa sering menyoret-nyoret tembok, meja, dan kursi.
Aksi :
Siswa jangan mencoret-coret tembok, meja, dan kursi sebaiknya siswa tuangkan corat-coret tersebut jadi seni seperti seni menggambar dan menulis.
Tokoh : Masyarakat

Nama : A’lia Lutfi H
Kelas : VIII-5

Aku sudah terbiasa melakukan piket kelas untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Aku sudah terbiasa membuang sampah pada tempatnya agar sekolahku bersih. Aku selalu mandi dan sholat subuh sebelum berangkat ke sekolah. Selalu berpakaian rapih sebelum berangkat kesekolah. Aku selalu bangun tepat waktu. Aku selalu datang ke sekolah sebelum bel berbunyi. Aku selalu membawa bekal jika aku belum sarapan di rumah.
Kamar mandi masih kotor : ingin mengajak semua teman-teman SMPN 49 untuk menjaga dan membersihkan yempat yang sudah kotor oleh kita sendiriiiiiiii.
Ingin meminta dukungan dari teman-teman dengan cara membantu menjaga dan membersihksn lingkungan.


Nam a : Dania
Aku selalu mandi pagi , pagi selalu rapih menaati tata terbit ,bersikap baik membantu orang lain, selalui di siplin , di sekolah selalu sengerjaka pr tidak terlambat kesekolah belajar di sekolah, memperhatikan guru saat menerangkan , tidur tepat waktu.
Kamar mandi murud :
Aksi : dengan cara menjaga kebersihan kamu, agar tetap bersih dan menjaga temen-teman untujk menjaga kebersihsan.’’’’’


Nama : Andjani Putri
Kelas : VIII-6
Kalo denger laggu mars 49 di sekoalah ku mungut sampah yang terlihat (pusat) tapi ngak cumin kalo lagu aja . kalo berdiri suka rapihin baju , ramah kepada semua teman, selalu piket pada waktunya suka mampir di perpustakaan keliling, kalo kebagian vbuku yang rusak aku suka benrin buku itu.
Masalah prioritas :
Masalah yang bikin saya gereget waktu aksi yaitu teman-teman syang suka terlambat masuk sekolah/ kesiangan padahal rumahnya tidak terlau jauh maka itu aksi mesra yang ingin saya lakukan adalah menegur teman tersebut namun klo masih saja tidak bisa berubah harus ada aksi tegas dari semua pihak sekolah, harus didukung oleh semua pihak sekolah. Harus ada kesadaran dari semua pihak.

Nama :
Kelas :
Rencana Aksi GeMBIRA :
1. Pingin lebih aktif di kelas, supaya guru itu mau berkomunikasi dan tersenyum kepada saya.
2. Masalah : bully, saya mau ngajak teman-teman yang suka bully bulian untuk di ajak curhat jadi bully bullion nya di berhentiin.
Dukungan : Bicara , Prestasi , Berani.

Nama : Hani Nurhapilah
Kelas :
Aku sudah membiasakan diri sebelum berangkat sekolah saya sarapan dahulu, sebelum berangkat sekolah saya berpamitan dulu kepada orang tua , setelah sampai di sekolah sayapun menyapa teman-teman di kelas. Ketika pelajaran dimulai biasakan diri untuk aktif di kelas seperti mendengarkan guru menerangkan pelajaran, jika guru member tugas segera kerjakan setelah istirahat sayapun pergi ke kantin untuk membeli makanan , minuman, waktu istirahat saya habiskan untuk bercerita kepada teman-teman dan sambil membaca buku.

Rencana Aksi MeSRA yang akan dilaksanakan :
1. Lebih ditekankan budaya , agar siswa-siswi berwawasan pengetahuan.
- Yang harus mengikuti adalah seluruh siswa-siswi SMPN 49
- Contoh aksinya itu seperti jika ada perpustakaan keliling marilah kit abaca buku-buku tersebut. Manfaatkan juga buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah. Selain itu saling berkomunikasi dengan teman agar saling bertukar pikiran , biasakan pula sebelum masuk/ pelajaran dimulai bacalah dulu buku pelajaran yang akan di pelajari.
- Dukungan itu kepada seluruh siswa-siswi SMPN 49
- Caranya itu kita harus ajak teman-teman kita agar mau mengikuti aksi tersebut.


Nama :
Kelas :
Yang sudah saya lakukan seperti bangun pagi lalu sholat dan membereskan tempat tidur, lalu sarapan sesudah itui berangkat sekolah, senyuman membuat hari menjadi ceria. Melaksanakan piket kelas apabila ada sampah terlihat maka aku ambil dan membuangnya ke tempat sampah.
1. Membersihkan lingkungan sekolah “ sampah organic dibuat kompos & anorganik di buat daur ulang” perkelas
2. Membersihkan lingkungan yang kumuh seluruh warga sekolah
Rencana Aksi MeSRA :
- Membersihkan lingkungan sekolah
Dukungan :
- Teman : membantu acara ini agar berjalan
- Orang tua : agar mengijinkan kami untuk ke sekolah
- Guru & kepala sekolah : agar membantu supaya acara ini berjalan lancer & menyetujuinya.
Cara untuk kerja : video


Nama : Nanda Sulastri
Kelas : VIII-1 @nadasulastri1
- Ketika mars SMPN 49 di bunyikan akan melakukan pusat (pungut sampah yang terlihat)
- Setiap pulang sekolah melaksanakan piket tepat waktu
- Bangun tidak terlambat
- Memakai baju sesuai dengan aturan
- Mengucapkan salam kepada orang tua ketika mau berangkat ke sekolah
- Membaca al-Qur’an 5 menit sebelum belajar di kelas
- Membuang sampah pada tempatnya
Kamar mandi SMPN 49 Bandung masih kurang bersih, saya dengan teman-teman yang lain ingin kamar mandi sekolah menjadi aman-nyaman dan bersih. Rencananya saya dengan teman-teman atau di bantu guru PLH akan membuat poster dengan tema kebersihan juga membuat peraturan kemudian saya akan menghimbau kepada yang lain saya memantau kamar mandi jika ada sampah saya dan teman-teman membuangnya dan membersihkannya.
Saya meminta dukungan dari siswa-siswi SMPN 49 bandung di antaranya kelas 7,8,9 juga guru PLH SMPN 49 Bandung.

Nama : Ranti Rusdiyana
Kelas : VIII-5
Aku sudah mewujudkan sekolah ramah anak dengan melakukan :
- Sarapan pagi dari rumah supaya lebih konsentrasi belajarnya
- Mandi sebelum sekolah supaya kita tidak bau
- Berpakaian rapid an berdandan sewajarnya seperti mengikat rambut dsb
- Mencium tangan orang tua dan meminta restu
- Berniat sebelum sekolah
- Bersemangat ke sekolah
- Berkonsentrasi dalam belajar
- Selalu ingat Tuhan
- Memperhatikan orang yang sedang berbicara di depan atau guru
- Menghargai orang lain, teman, sahabat, guru, dll
Isu yang menjadi masalah di sekolah adalah “saya ingin teman-teman saya dapat menghargai satu sama lain
Cara mengatasi masalahnya dengan cara saling mengingatkan satu sama lain dan saling keterbukaan dengan oknum pelakunya.
Dukungan dari teman-teman kelas VIII dengat mengingat satu sama lain.

Nama : Nuraeni Findianti
Aku sudah melakukan sarapan pagi setiap hari dan minum susu, mengecek kembali peralatan sekolah yang akan di bawa , berdoa sebelum berangkat mengucap salam pada orang tua mencium tangan orang tua , datang tepat waktu ke sekolah belajar dengan semangat bertanya bila tidak mengerti, menjaga kerapihan pakaian berbicara sopan, menaati peraturan, menghormati orang yang lebih tua , memperhatikan ketika guru sedang berbicara, selalu mandi setiap sekolah mengerjakan PR, tidak mencontek ketika ulangan meminta izin ketika ada keperluan di luar kepada orang tua untuk mewujudkan sekolah ramah anak.
Isu : berbicara kasar pada teman menggunakan nama hewan
Aksi : mengingatkan dan memberhentikan teman yang akan berbicara kasar
Orang : teman-teman dan orang tua juga orang dewasa yang menjadi contoh.

Nama : Yadi Zumardi
PRAKTEK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
1. Aku sudah melakukan perbuatan biofori di sekolah
2. Aku selalu membiasakan hidup bersih contohnya : menyuci tangan sebelum makan
3. Aku sudah membersihkan ruang kelas sendiri
4. Aku selalu mandi pagi sebelum ke sekolah
5. Aku selalu merapihkan baju sebelum kesekolah
6. Aku sudah melakukan piket disaat jadwalnya
7. Aku selalu member salam sebelum kesekolah
8. Aku selalu member salam ketika bertemu guru
9. Aku selalu menyapa teman bila bertemu
10. Aku selalu bangun tepat waktu
RENCANA AKSI MESRA
1. Ketidak disiplinan siswa
- Isunya : misalnya dalam penampilan seharusnya kaos kaki itu harus warna putih tetapi sampai sekarang masih saja banyak yang melanggar bukan hanya kaos kaki
- Aksinya : selalu memeriksa penampilan oleh guru setiap belum masuk kelas
- Dukungan : teman, caranya membantu meberitahu guru.
Contoh : guru : membantu untuk melaksanakan aksi mesra
Kepala sekolah : membantu untuk mengintruksi kepada guru.
Nama : Raihan Erlianti

Praktek Mewujudkan Sekolah Ramah Anak :
Aku sudah melakukan bangun tanpa dibangunkan untuk diperhatikan oleh guru. Aku sudah melakukan mandi setiap berangkat ke sekolah aku sudah berusaha belajar giat agar lebih diperhatiokan orangtua. Aku sudah melakukan buang sampah pada tempatnya, aku sudah berusaha bersosialisasi dengan teman.

Rencana Aksi Mesra :
Masalah : korupsi merajalela
Rencananya : saya ingin memberantas korupsi bagaimanapun caranya korupsi yang ada di Indonesia . jika saya presiden saya akan memecat para koruptor itu.
Dukungan : aku perlu izin dari orang tua ku , karna berkat dorongan dan do’a dari mereka lah saya bisa seperti ini.
Isu : banyak koruptor yang hanya dimasukkan ke penjara tanpa dipecat. Masalahnya mereka itu diberi gaji yang cukup besar apa kurang cukup ??? perlukah mereka memakan uang rakyat sehingga melihat rakyat menderita.


Nama : Dinda Nurnuri Oktaviani

Aku telah melakukan belajar untuk mewujudkan cita-cita bersama –sama

Masalah : hampir setiap kelas dinding atau temboknya banyak corat-coret pensil atau pulpen, itu membuat suasana kelas menjadi tidak nyaman
Aksi : ingin memberitahukan jika dinding itu tidak boleh di corat-coret , itu akan membuat kelas menjadi jelek, kotor dan tidak nyaman
Dukungan : semua siswa sekolah.


Nama : Dian Padilah
Aku telah melakukan belajar bersama untuk mewujudkan kebersamaan dan menambah pengalaman dan juga me nambah materi.

Masalah. Sampah di lingkingan sekolah yang masih berserakan dimana-mana sehingga merusak lingkungan and pemandangan.

Aksi : ingin mengajak orang lain untuk menyadari lingkungan hidup sekecil apapun sampah tersebut menimbulkan bencana yang sulit di tebak, makanya ayo jaga lingkungan tempat tinggalmu .

Dukungan : semua orang
Nama : Kartini

1. Masalahnya bila ada guru/ salah satu guru yang cuek, jutek
Aksi : melakukan interaksi sosial dengan guru yaitu sapa, senyum, salam.
2. Masalah : bila ada dari antara sekolah yang berantem/ bermusuhan
Aksi : harus saling memaafkan dan harus mengontrol emosi juga harus segera dipisahkan satu sama lain.
Dukungan : guru, teman, orang tua
3. Masalah : masih ada anak yang berpakaian tidak rapih
Aksi : melakukan razia setiap pagi, di gerbang sekolah sebelum masuk.
Dukungan : Guru


nama : Tia K
Kelas 8-4

Praktek mewujudkan sekolah ramah anak
Aku sudah melakukan setiap pagi membereskan tempat tidur dan bangun pagi dibangunkan orang tua, dan sarapan pagi sebelum berangkat setiap berangkat sekolah merapihkan seragam terlebih dahulu sebelum masuk sekolah selalu oprasi semut setiap pagi agar lingkungan bersih, tidak ada sampah, nyaman selalu piket kelas setiap hari agar kelas nyaman.

Masalahnya : masih ada yang buang sampah sembarangan
Aksi : seharusnya kita tidak membuang sampah sembarangan dengan cara setiap bekas jajanan sampahnya harus dibuang ke tempat sampah.
Dukungan : dari guru dan teman-teman saling mengingatkan kepada murid ataupun teman.


Nama : Julia Kristin

PRAKTEK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
Aku sudah bangun pagi membersihkan tempat tidur, sarapan agar dapat berkonsentrasi dalam belajar, datang sekolah tepat waktu. Melakukan kegiatan belajar dengan baik, membuang sampah pada tempatnya, menghormati guru membersihkan kelas setiap hari, mengerjakan tugas dengan baik dan benar.

RENCANA AKSI
Masalah : ingin memiliki sekolah yang bersih air yang bersih, ingin memiliki guru yang dapat mengerti murudnya.
Aksi : membersihkannya dengan bergotong royong menjaganya lebih dekat lagi dengan guru.
Dukungan : seluruh warga sekolah.


Nama : Lela Sofyani
Kelas : VIII – 5
1. Aku selalu mandi setiap hari
2. Aku datang ke sekolah tepat waktu
3. Aku selalu rapih memakai pakaian
4. Aku bangun pagi tidak di bangunkan
5. Aku sebelum berangkat sekolah sarapan terlebih dahulu
6. Aku selalu sholat tepat waktu tapi kadang bolong-bolong

Masalah : saya harap seluruh warga siswa siswi SMPN 49 tidak membuang sampah sembarangan
Aksi : membersihkan sampah dan memungut sampah yang terlihat
Dukungan : warga SMPN 4 9 Bandung


Nama : Anita S
Kelas : VIII-1

MESRA :
1. Berangkat ke sekolah
2. Senyum setiap pagi
3. Berusaha untuk berpakaian rapih
4. Menaati peraturan di sekolah
5. Sampai ke sekolah tidak telat
6. Melaksanakan piket pada jadwalnya
Aksi yang dapat saya lakukan adalah :
Untuk mengatasi masalah jutek-jutekan
1. Mencoba lebih dekat dengan guru
2. Harus lebih banyak berkomunikasi
3. Mengajak teman agar bisa dekat
4. Lebih banyak berinteraksi sesame guru dan murud
5. Meminta dukungan dari teman

Nama : Faizah Muyasaroh
Aku ingin sekolahku WC nya lebih bersih
Aku ingin sekolah ada jemputan sekolah

Harapannya, guru di SMPN 49 ini mengerti apa yang diinginkan oleh muridnya , tidak jutek dan lebih bersosialisasi dengan murid
Aksinya jika guru jutek harus member/ memulai pembacaan terlebih dahulu supaya muridnya tidak canggum mengobrol dengan guru.


Nama :

1. Aku telah membiasakan selalu membersihkan kelas sesuai dengan jadwal piket
2. Aku telah membiasakan untuk selalu mengerjakan tugas dari sekolah
3. Aku telah membiasakan ketika bertemu dengan teman selalu sapa , senyum, salam,
4. Aku membiasakan selalu bangun tepat waktu
5. Aku slalu membiasakan setelah bangun pagi mandi lalu wudhu
6. Aku sudah melakukan sebelum vberangkat sekolah merapihkan pakaian
7. Aku telah membiasakan tertib dalam kelas

Aksi Mesra :
1. Melaskukan interaksi sosial dengan guru yaitu sapa senyum salam
2. Masalah : masih ada anak yang melanggar peraturan dan tidak berpakaian rapih
3. Akasi : melakukan rajia pagi di gerbang sekolah
4. Dukungan : guru
5. Cara : unjuk kinerjamu : Varasi.

Nama : Irwan
Kelas 8-5
Aku sudah mewujudkan sekolah ramah anak, dari diri sendiri dengan sontoh sebagai berikut :
1. Dari bangun pagi aku membereskan tempat tidur, mandi,gosok gigi dan membantu orang tua merupakan kebiasaanku setiap hari
2. Pagi dari rumah menuju sekolah dengan tepat wasktu
3. Merawat sekolah dengan cara sadar diri sendiri seperti membuang sampah pd tempatnya , tidak merusak tanaman, menjaga kebersihan wc, dll.

Aksi mesra:
Masalah yg belum terpecahkan:
1. Banyak orang yang masih belum sadar akan kebnersihan
2. Meja yang bersih dicorat coret oleh tip-x

Cara menyelesaikan masalah :
1. Kerjasama dengan teman bersatu dengan guru untuk memberantasnya
2. Adanya kesadaran dari diri masing-masing

Aksi-aksui impian :
1. Ingin menyadarkan semua orang akan pentingnya kesehatan
2. Ingin mewujudkan sekolah bebas sampah
3. Menciptakan manusia cinta lingkungan

Dukungan yang paling diinginkan :
Kerjasama antara semua orang untuk membereskan suatu masalah
Kesadaran dari diri masing-masing


Nama : Popy Sofia
Kelas :VIII-3

MESRA :
1. senyum setiap hari
2. Berusaha berpakaian rapih
3. Memungut sampah
4. Membersihkan kelas
5. Menaati peraturan yang ada
6. Di sekolah ataupun kelas
7. Mengikuti pelajaran tepat waktu


AKSINYA yang dapat saya lakukan :
Isu masalah jutek- jutekan : cara mengatasinya olebih dekat sama guru berkomunikasi dan saling terbuka.

Nama : Nita Oktaviani
Kelas : 8-9

Aku sudah terbiasa tidak membuang sampah sembarangan selalu mandi pagi sebelum pergi sekolah dan merapihkan pakaian , terbiasa piket di kelas bersama teman-teman juka guru sudah masuk ke dalam kelas dan menerangkan pelajaran perhatikan dengan baik, belajar dengan rajin pulang sekolah tepat waktu, tidak main/nongkrong di satu tempat.

1. Ada salah satu guru yang kerjanya cumin menyindir , pengen ngobrol baik-baik dengan guru tersebut agar tidak menyindir lagi9 dan tidak pundung lagi
2. Dukungan dari teman dan orang tua.

Nama : Aseila Jasmine
Kelas : 8-9

1. Saya terbiasa menyapu kelas setiap hari walaupun jadwal piket saya hari kamis
2. Saya selalu mandi pagi dan memakai seragam rapih lengkap dengan atribut
3. Saya terbiasa menjaga lingkungan sekolah dengan cara membuang sampah pd tempatnya
4. Saya selalu bangun pagi untuk mandi dan menyiapkan segala sesuatu untuk sekolah

Harapannya : guru-guru di SMPN 49 seperti menutup diri dan cenderung jaim jadi komunikasi dan kedekatan murid engan guru renggang
Aksi : kalau gurunya jutek harus kita yang lebih ramah memulai pembicaraan
Missal lebih banyak berkomunikasi
Aksi diatas membutuhkan dukungan dari teman dan orang tua.


Nama : M Azhar
Kelas 8-8
Praktek : cara saya untuk mewujudkan sekolah ramah anak adalah :
- Berpkaian rapih
- Senyum setiap saat
- Tidak membeda-bedakan teman
- Piket lebih giat
- Pakaian yang bersih setiap hari
- Menyapa kesetiap teman
- Berangkat sekolah tepat waktu
- Bergaul dengan semua teman
Maslah : baju yang berceceran di setiap anak
Aksi : member tahu kepada semua siswa agar berpakaian rapih
Dengan siapa ? teman orang tua wali, guru.


Nama : Ralliya S
Aku sudah terbiasa berdiam di perpustakaan lalu aku terbiasa makan sekolah istrirahat dan aku juga kadang buli orang sedikit ,, hehehehe….. dan saya setiap sekolah pertama saya mandi lalu pake seragam , dan sewaktu itu saya terbiasa buang sampah sembarangan nah sesudah itu saya pulang sekolah.
- Paling gereget kalau ada temen yang suka sama guru terus setiap ga di respon sama guru malah marah ke aku
- Menyelesaikan masalah
- Dukungan orang tua, guru cumin dikit lah,,,,…

Nama : Fitri Sumiyati
Kleas : VIII-4
PRAKTEK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
Aku sudah melakukan bangun pagi setiap hari, membersihkan tempat tidur, mandi, sholat setiap waktu, sarapan pagi, siap-siap ke sekolah datang ke sekolah tepat waktu , mengikuti pelajaran , menghormati guru, membuang sampah ke tempatnya, menyapu kelas, menghargai teman, kaka kelas, dll.

Rencana Aksi Mesra :
1. Masalah : ingin memberantas sampah di lingkungan sekolah, ingin memiliki guru yang ramah dan mengerti anak didiknya
2. Aksi : melakukan gerakan memungut sampah dan menyapu di sekitar lingkungan sekolah, lebih dekat denga guru
3. Dukungan : kepala sekolah , penjaga sekolah, warga sekolah, guru dan siswa-siswinya.


Nama : Wulan suci R
PRAKTEK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
1. Aku sudah melakukan oprasi semut
2. Sudah melakukan pembuatan biofori
3. Melaksanakan piket kelas
4. Menyiram bunga
5. Mandi pagi sebelum berangkat ke sekolah
6. Memastikan untuk tidak datang terlambat ke sekolah
7. Berusaha untuk bangun pagi
8. Selalu sarapan pagi sebelum berangkat sekolah

Rencana Aksi
1. Masalah : ingin kamar mandi siswa selalu bersih, nyaman dan enak di pakai, ingin lingkungan sekolah tetap bersih terjaga
2. Aksi : dengan melaksanakan gotong royong / oprasi semut, bagi siswa siswi , tidak membuang sampah sembarangan
3. Dukungan : warga SMPN 49 Bandung


Nama : Vanisa Yulia

PRAKTEK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
- Sudah menyirtam bunga
- Sudah menyapu lantai
- Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal
- Mandi sebelum berangkat sekolah
- Mengusahakan untuk tidak terlambat
- Memastikan bajuku selalu rapih
- Selalu sarapan pagi sebelum berangkat sekolah

Renca Aksi MeSRA :
1. Masalah : ketidak disiplinannya guru bila datang terlambat
2. Isunya : banyak guru yg selalu bilang ke muridnya agar tidak telat tapi nyatanya guru tersebut juga terlambat
3. Aksinya : selalu member nasehat yang benar , contoh dan sikap yang lebih baik dari apa yang diucapkan.
4. Dukungannya : kepala sekolah ,,
- Kepala sekolah : selalu menegur guru / murid yang tidak menaati peraturan
- Guru : member contoh sikap yang baik
- Teman : selalu mengingatkan


Nama : Anggri Rudy F
Kelas : VIII -5

Praktek mewujudkan sekolah ramah anak
1. Sun tangan kepada guru
2. Membawa bekal ke sekolah
3. Membiasakan hidup bersih
4. Mengucapkan salam
5. Membuat biofori
6. Mematuhi aturan di sekolah
7. Melakukan tindakan yg sesuai dengan norma yg berlaku
8. Tidak melakukan pelanggaran
9. Berfikir sebelum melakukan tindakan
10. Mandi sebelum pergi sekolah
11. Merawat fasilitas sekolah
12. Melakukan oprasi semut
13. Sholat dengan tepat waktu
14. Merapihkan baju
15. Bersikap jujur
16. Bersikap adil
17. Tidak boleh ada permusuhan
18. Tidak berbohong
19. Menjaga harga diri kita
20. Melaksanakan piket kelas
21. Salam kepada orang tua
22. Menjaga tanaman
23. Berpola makan hidup sehat
24. Menjaga hak asasi manusia


Rencana aksi mesra :
1. Sampah anorganik
- Masalah isunya : sampah yang membusuk yang menyebabkan baud an adanya belatung, dan menyebabkan bau menyengat sehingga menyebabkan banyak nyamuk
- Rencana untuk mengatasinya : mendaur ulang sampah organic
- Dukungannya : dari teman, orang tua, guru tokoh masyarakat , dll
- Kinerja : narasi, foto essay, portopolio


NAMA : Ari
Praktek :
- Berpakaian dengan rapih dan bersih
- Tidak membeda bedakan teman
- Tidak mengejek teman
- Piket di kelas
- Bangun pagi
- Bergaul dengan semua teman

Masalahnya : dari penelitian saya , masih ada sampah yang berserakan
Aksi : saya akan mempertegaskan program adiwiyata
Dukungan : teman, km, guru .


Nama : Sinta
Aku sudah melakukan sarapan pagi, mandi pagi, membersihkan tempat tidur membereskan ruang kelas, kalau ada mars 49 artinya pungut sampah yang terlihat , sebelum sekolah aku mwenyiapkan seragam sekolah dengan rapih

Rencana aksi mesra :
Masalah tentang membuang sampah sembarangan
Rencana akan mengatasi masalah dengan cara menyadarkan orang-0orang agar tidak membuang sampah sembarangan kita juga harus menyadarkan diri sendiri
Dukungannya : dari teman , caranya memberitahukan kepada orang-orang agar tidak buang sampah sembarangan


Nama : Hesti
Aku sudah melakukan kebiasaan berpakaian rapih selama di sekolah, tidak membuat masalah selama sekolah, sopan terhadap guru, ramah kepada seluruh warga sekolah selalu sarapan pagi dan mandi dulu sebelum pergi sekolah

Rencana aksi :
Masalah : membuang sampah sembarangan
Cara mengatasi : dengan cara memberikan sanksi kepada orang yg membuang sampah sembarangan
Dukungan : teman yang berada di sekolah
Cara kinerja : narasi/ foto essay


Nama : Panji
Kelas VIII-8
Cara saya untuk mewujudkan sekolah ramah anak yaitu :
- Berpakaian rapih
- Berangkat sekolah tepat waktu
- Tidak membuang sampah sembarangan
- Melaksanakan piket
- Aktif saat belajar
- Bergaul dengan teman tanpa melihat statusnya
- Menyayangi teman dan saling menghargai
- Menyiram tanaman
- Menyapa teman

Masalahnya : Guru Jutek
- Aksi :
1. Ketika ada pelajaran guru tersebut saya akan mencari perhatian dengan cara aktif belajar dan semangat pada pelajaran guru tersebut
2. Jika ada masalah saya akan menerima masalhnya kepada guru tersebut
3. Tentunya saya mengerjakan aksi itu tidak sendirian bersama teman saya
4. Teman saya sengat mendukung aksi saya karena sayap[un ingin sekali guru tersebut tidak jutek lagi.




Tidak ada komentar: