Jumat, 09 Mei 2014

Narasi Bilqis Persiapan "SPeAK N' aCt"


Hari ini adalah hari pertama prepare. Tanggal 8 Mei 2014 jam 14.30, kami ( Bu Yanti KerLip, Ka Naretta, Ka Sendra, ka Nirwan ) berkumpul di rumah bu Yanti KerLip untuk mengurus acara yang akan KerLip buat, yaitu acara "SPeAK N' aCt" yang diselenggarakan pada tanggal 18 Mei 2014 di Car Free Day Dago, lebih tepatnya di halaman SMAN 1 Bandung.

SPeAK N' ACt adalah singkatan. Yaitu Saya Pelajar Anti Kekerasan dan (Amat) Cinta keluarga, yang maksudnya ialah "Bicara dan Beraksi". Ya, rencana ini memang penuh aksi yang didalamnya mengartikan sebagai "anak bebas berbicara maupun berpartisipasi, juga beraksi sebagaimana sang anak mengenali dirinya dan anak mempunyai hak yang harus terpenuhi".

Disana kami menyiapkan kepanitiaan dan agenda acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Mei 2014 tersebut. Rencananya, kami akan mengundang 3.000 anak SD, SMP, maupun SMA. Waaa, saya terkejut. Kami pun akan mengundang beberapa instansi pemerintah dan juga Ibu Atalia, yang merupakan istri dari seorang walikota Bandung, Bapak Mochammad Ridwan Kamil.

Memang di rumah bu Yanti sampai larut malam. Karena ingin susunan acara cepat terselesaikan dan banyak waktu untuk memperkokoh.

Kami juga di bantu oleh beberapa aktivis mahasiswa dari STKS, UNISBA, UPI Bandung, Dll. Tapi, karena ini acara anak, maka orang dewasa hanya dapat membingbing kami dalam melakukan proses acara ini.



Sekian cerita ntuk hari ini, terimakasih.

Catatan terkait
General Comment No. (1) 2001, mengidentifikasi ada beberapa fungsiPasal 29 ayat (1) Konvensi Hak Anak , antara lain:

1. hak anak untuk pendidikan harus dipromosikan; pendidikan meliputi isi kurikulum, proses pendidikan, metode pengajaran, lingkungan pendidikan (rumah, sekolah, dan tempat lain); dan pendidikan diberikan dengan cara menghormati martabat anak dan memungkinkan anak untuk mengekspresikan pandangannya dalam kehidupan sekolah.
2. pendidikan disediakan dalam cara menghormati batas yang ketat tentang disiplin dan mempromosikan non kekerasan di sekolah; partisipasi anak dalam kehidupan sekolah, penciptaan komunitas, organisasi sekolah, pendidikan sebaya, konseling sebaya, dan keterlibatan anak dalam proses disiplin di sekolah dengan dipromosikan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan perwujudan hak anak.

3. kurikulum disusun dengan memperhatikan relevansi langsung dengan konteks sosial, budaya, lingkungan, dan ekonomi anak dan untuk kebutuhan sekarang dan masa depan; metode pembelajarandisesuaikan dengan kebutuhan setiap anak (berbeda); keterampilan hidup dipelajari oleh setiap anak, dan tidak ada anak yang meninggalkan sekolah tanpa dilengkapi kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup pada masa kini dan depan; memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang seimbang, menyelesaikan konflik tanpa kekerasan, mengembangkan gaya hidup sehat, hubungan sosial yang baik dan bertanggung jawab, berpikir kritis, berbakat, dan kemampuan lain yang dipergunakan untuk mengejar pilihan dalam kehidupan; dan menghormati perbedaan, dan menentang semua aspek diskriminasi dan prasangka, dan rasisme.

4. pendekatan holistik dan terintegrasi untuk menyeimbangkan antara mempromosikan aspek fisik, mental, spiritual, dan emosional, pendidikan, intelektual, dimensi sosial dan praktis anak; memaksimalkan kemampuan anak dan kesempatan untuk berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam masyarakat.

5. mempromosikan dan memperkuat nilai etika, perdamaian, toleransi, dan menghormati lingkungan alam secara terpadu dan holistik (isu lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan demografi); dan menghormati lingkungan alam dipelajari oleh anak di rumah, sekolah, dan dalam masyarakat, termasuk masalah nasional dan internasional, dan secara aktif melibatkan anak dalam proyek lingkungan lokal, regional atau global.

Minggu, 04 Mei 2014

Mandala Diri Wildan: semangat saya untuk selalu bekerja keras, bersungguh-sungguh, berkreasi dan berinovasi.

Hari itu hari kamis tanggal 1 mei 2014, saya diajak oleh teman saya zakky untuk mengikuti acara training 3C (champion-chance-connect) di STKS. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi CHAMPION, CHANCE dan sesi CONNECT.
Sesi pertama adalah champion.


Menurut saya kegiatan ini sangat menarik, karena melalui kegiatan ini saya bisa mengetahui penilaian orang lain terhadap diri saya melalui mandala diri. Selain itu, saya juga bisa belajar banyak dari rekan-rekan satu kelompok melalui pengalaman mereka yang luar biasa sehingga menambah motivasi dan semangat saya untuk selalu bekerja keras, bersungguh-sungguh, berkreasi dan berinovasi. (1)

Sesi selanjutnya yaitu Chance. Pada kegiatan ini saya dan rekan rekan diminta untuk membuat dreams book dengan tema/isu yang sudah disediakan. Kegiatan ini sangat menyenagkan bagi saya, karena dalam kegiatan ini kami dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif yaitu dengan memanfaatkan Koran bekas dan majalah bekas yang mungkin bagi sebagian orang sudah tidak bisa dipakai, menjadi sebuah karya yang luar biasa. Selain itu, kami juga dilatih untuk menceritakan dan menjelaskan solusi atas isu yang kami angkat melalui gambar-gambar dari Koran.


Menurut saya, metode ini lah yang seharusnya dilakukan dalam pembelajaran Karena metode pembelajaran ini akan melatih otak kanan kita. Sebagaimana kita tahu bahwa otak kanan memiliki kapasitas memori yang lebih besar daripada otak kiri dan karena bahasa yang dikenal oleh otak kanan lebih ke visual seperti gambar2 sehingga pembelajaran pun terasa menyenangkan dan tidak membosankan. (2)
Sesi terakhir yaitu connect, disini saya dan rekan-rekan dikelompokan berdasarkan isu yang kami pillih dan kami dilatih untuk membuat solusinya. Pada saat itu saya mengambil isu tentang berhenti merokok. Sebenarnya isu ini merupakan isu yang memang dari sejak dulu saya ingin lakukan penelitian tentang bagaimana cara membuat perokok aktif bisa berhenti untuk merokok. hal ini didasari oleh keprihatinan saya melihat remaja-remaja bahkan anak – anak dibawah umur didaerah saya yang sudah kecanduan merokok yang berdampak pada prestasi mereka disekolah dan perilaku mereka dalam masyarakat. (3)


Sehingga sangat disayangkan, masa remaja mereka yang seharusnya dihiasi oleh prestasi menjadi tidak berarti. Namun hal itu belum bisa terwujud karena pada saat itu saya masih bingung harus memulai darimana. Melalui kegiatan ini akhirnya saya menemukan solusi atas pertanyaan saya selama ini yaitu melalui diskusi dan saling bertukar pikiran dengan rekan sekelompok ditambah lagi saran dari Ibu Nia yang membuat saya lebih mengerti harus darimana saya memulai. Alhamduillah…(4)


Selanjutnya yaitu presentasi dari setiap kelompok yang dilanjutkan dengan investasi ke setiap kelompok yang menurut kita memiliki visi yang sama dengan program yang kita buat, kebetulan pada saat itu saya hanya berinvestasi ke tiga kelompok. Kegiatan yang terakhir yaitu akad aksi mesra, disana saya lebih fokus ke tiga program yang saya ikuti tadi.
Saya bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, karena banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Apalagi setelah saya mengetahui bahwa biaya untuk mengikuti pelatihan ini cukup besar namun saya bisa mengikutinya dengan gratis.


Terimakasih Kerlip… (5)

Arlian excited banget!

Pada tanggal 3 mei 2014 di hari sabtu, Arlian berkesempatan hadir di sd al amin untuk acara apresiasi agen mesra dan safari gembira.

Arlian datangnya telat karena Arlian kira jam 8 acaranya terus juga sempet bingung nyari jalan Bangbayang nya juga, jadi nyampe sekitar jam 8 an dan ga sempet ketemu pa Dadang juga. Setelah itu anak-anak pada masuk ke kelas dan sama ka Sendra sebagai MC acara pun dimulai.


Pertama tuh kita nyanyi indonesia raya bareng bareng. Alhamdulillah anak-anaknya pada bersemangat. Terus ada penampilan dari anak SD Al Aminnya yaitu mereka nyanyi lagu sambil main alat musik gitu...mereka keren banget..menghibur juga..


Terus anak anak yang ngedengerin juga ada yang ikut nyanyi. Terus ada penampilan dari pramukanya mereka nyanyiin salam yang pake berbagai bahasa gitu. keren banget. terus juga baris berbaris. pokoknya Arlian excited banget ngelihat mereka. Keren-keren


Terus habis itu Arlian sama Bilqis nyanyi lagu kalau ada gempa dan diikuti sama anak anaknya. Alhamdulillah anak anaknya semangat banget.


Habis itu Bilqis cerita narasinya..sebelum cerita Bilqis ditemenin Lia kalau ga salah nyanyi lagu Bunda.Terharu banget anak anak lain juga ikut nyanyi.


Habis itu Arlian ga ikut kegiatan sama anak anak dibawah tapi Arlian sama bu Nia ke atas sama guru guru sd al amin untuk saling sharing pengalaman.Di atas pertama tuh bu Nia dulu yang cerita tentang apa yang dilakuin selama ini seperti biasa bu Nia mengagumkan. terus bu Nia memberi kesempatan Arlian untuk cerita.

Arlian ceritain dari awal kenapa ikut KIR sampai sekarang di SMA apa yang Arlian lakuin. Arlian juga cerita mengenai ZWE dan GSB jugaa..terus Arlian juga ceritain apa yang Arlian rasakan sehari hari pokoknya banyak lah yang Arlian ceritakan. Terus bu Nia melanjutkan bercerita gitu sampai beberapa jam dan cukup lama.

Terus juga bu nia ngajak mengurutkan genteng gitu jadi ada genteng kecil,sedang, dan besar..terus kalau bapa ibu mengurutkan mau nya kaya gimana?terus kalau setiap genteng ada kandungan emas gimana mengurutkannya? Pokoknya banyak hal yang bu nia sampaikan.terus bapa ibu guru juga ada yang bertanya.sekitar pukul 11 arlian turun ke bawah lagi..di bawah arlian ngelihat icha kalau ga salah lagi main boneka tangan gitu terus dia ngedeketin arlian.dan ngajak main terus dia main pake boneka itu katanya namanya bobby bonekanya..terus arlian sama bobby nya salam salaman gitu..terus habis itu kita main tepuk tepukan anak kecil gitu..icha nyanyi " mimi mimi mi atas mi bawah mi depam mi belakang mi gulung gulung gulung.." rame banget icha nya :)) arlian juga udah tau sih mainan itu soalnya suka main sama temen di 8.tapi kesannya berbeda pas main sama icha

Habis itu icha nya main lagi sama temennya yang lain.terus arlian diminta bu yanti fasilitasi anak kelas 4 dan 5 buat melakukan penilaian sama sindy juga.Terus kita nyari nyari anak kelas 4 dan 5 dibantuin ka zakky juga.dan akhirnya ketemu walaupun ga semua.terus kita kumpul di kelas atas..kita nyanyi kalau ada gempa lagi.Alhamdulillah mereka hapal lagunya..terus arlian sama sindy nanya tempat favoritnya dimana? Ada yang bilang mesnid ada yang bilang lapangan.Karena di mesjid ada kelas 6 jadi kita ke lapangan.Sebenarnya kata mereka biasanya ga disini tapi di swiss, keren banget ya namanya.Tapi karena jauh jadi di lapangan yang kita kunjungin tadi.kita disana melakukan penilaian tapi agak susah soalnya mereka masih bingung belum lagi pada bilang "teh mau main karet" "teh kapan pulang?" dll. Tapi akhirnya bisa diajak kerja sama merekanya juga.

Terus kata mereka tuh yang kerentanan : ada bambu takut rubuh,banyak berangkal,banyak rumput liar dan takut ada ular,ada genangan air,ada mobil suka bulak balik markr dan takut pecah kena bola,terus kita juga tadi nemuin lintah
terus kerentanan non fisiknya suka ada kelas 3 yang ganggu(karena mereka juga mau main,dan ga ada tempat selain disana).terus kapasitaasnya kata mereka luas daripada di sekolah.habis itu kita balik lagi ke SD AL AMIN.oh iya yang ikut ke lapang nya tuh cuma cewenya aja.yang cowonya menghilang entah kemana.
Setelah kita balik lagi ke kelas anak anak .masih main terus arlian sama sindy sempet ngobrol sama kelas 5 nya.ternyata alhamdulillah mereka ga takut sama kaka kelas.dan ga ngebully adik kelas.cuma kalau ada yang lagi makan suka pada minta gitu..terus juga ada aja kaka kelas yang jahat tapi ga semua katanya.terus setelah itu semua masuk kelas


Terus ibu tini mengucapkan terima kasih gitu terus ada anggun,lutfi,sama dani juga yang ngucapin makasih dengan gaya mereka.habis itu kita para agen mesra disematkan pin agen mesra sama adik adik yang tadi.terus ada foto bersama..habis itu anak anak pulang sambil salim ke kita.Dan anaknya banyak banget jadi salimnya cape.dan sekarang arlian tahu rasanya jadi guru kalau pas salim salim gitu,ternyata cape.Habis itu evaluasi sambil makan.Arlian sama sindy ga bisa ikut sampe akhir karena ada acara di 8.terus kita pamit pulang aja.sambil pulang arlian sama sindy cerita..tentang ternyata susah ya kaya gini..anak yang kelas 3 sampe bawah disuruh ga ngerti yang kelas 4 sampe 6 males malesan disuruhnya.tapi lebih rame sama anak sd sih daripada sama mahasiswa kaya kemarin (kata sindy).Di perjalanan ke 8 juga arlian,sindy dan ayah nya sindy sambil cerita cerita gitu.arlian nyeritain Kerlip,Ashoka,YPBB,smp 11


Sampai teh ami dan ria juga arlian ceritain. Soalnya ayahnya sindy juga nanya nanya gitu. Ayah sindy juga cerita kalau di china,jepang,singapura kaya gimana.
Pokoknya pengalaman kedua arlian ke SD AL AMIN sangat menyenangkan dan mengGEMBIRAkan.semoga apa yang arlian sampaikan tadi ke anak anaknya juga ke gurunya bermanfaat dan menjadi inspirasi buat mereka.Amin

Sabtu, 03 Mei 2014

Tetap ber-GeMBIRA dengan Fahmi dan Fina



Rizki Fahmi Sumaryono
Agen MeSRA dari Fisika UPI

Hari ini, hari yg mengejutkan......
Mengunjungi sekolah dasar yang bisa dikatakan terpencil di tengah hiruk pikuknya kota Bandung....
Sekolah itu bernama SDS Al-Amin....
Sekolah yg bertempat di Dago namun harus melewati beberapa gang sempit yg begitu
susah untuk diaksesnya

Tapi walaupun begitu adik-adik dalam sekolah ini begitu banyak mngajarkan saya akan arti dari sebuah mimpi,cita-cita maupun harapan,,

Saya tertegun ketika melihat seorang anak yang mengambil judul "bersujud dalam mesjid impian".....
Waww amazing sekali..

Seorang anak sd yang mengambil judul Luarr Biasaa dalam sebuah dream booknya...

Ini mengingatkan saya perkataan bapak Anis Baswedan "Lokasi lahir boleh dimana saja tapi Lokasi mimpi haruslah d langit"
Begitu banyak hal luar biasa yang saya peroleh hari ini.....
Terimakasih adik-adik Sds Al-amin.......
Semoga cita-cita kalian semua tercapai....
Amin ya RABB..
#Tetap semangat...
#C...
By rizki fahmi




Fina Iffatul Maula
Agen MeSRA dari BEM STKS

Sabtu, 3 mei 2014 KERLIP kembali melakukan kegiatan Safari GEMBIRA bersama siswa siswi SD Al Amin. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 07.00WIB hingga 12.00WIB, kegiatan dimulai dengan perkenalan fasilitator KERLIP, pertunjukan pramuka dan seni siswa siswi SD Al Amin, penilaian dari siswa siswi tersebut terhadap hasil lukisan dan kreasi SD Kordon, menggambar, mewarnai, dan membuat kliping siswa siswi SD Al Amin, menulis surat bersama untuk calon presiden, sambutan dari guru-guru dan perwakilan siswa SD Al Amin, serta diakhiri dengan penyematan pin kepada fasilitator KERLIP (Agen MeSRA).

Begitu banyak kebahagiaan tergambar dari siswa siswi SD Al Amin saat mengikuti kegiatan Safari Gembira, terbukti dari antusias mereka yag kuat dalam berpartisipasi dari kegiatan tersebut, seperti stimulasi dari anggota pramuka, menggambar dan mewarnai, membuat kliping sekolah idaman mereka, hingga menulis apa yang mereka inginkan lewat surat untuk calon presiden.

Narasi Wildan_Agen MeSRA_UPI_cita-cita yg sederhana namun memiliki makna yang begitu dalam.


Hari ini hari sabtu, tanggal 3 mei merupakan hari pertama saya mengikuti acara safari geMBIRA bersama kerlip di SD AL-AMIN. Pengalaman yang saya rasakan selama mengikuti kegiatan sangat luar biasa. Baru kali pertama ini saya merasakan begitu menyenangkannya bisa dekat dengan anak-anak. Selain itu, saya menemukan beberapa hal luar biasa pada mereka, ketika mereka disuruh untuk membuat dreams book, salah seorang dari mereka ada yang membuat judul "Bersujud didalam mesjid impian". Seketika saya terdiam sejenak saat akan mengambil foto dari karya anak ini. Seakan tidak percaya judul ini dibuat oleh anak SD. (1)

Hati saya bergetar dan terharu ketika melihat wajah polos dari adik ini, cita-cita yg sederhana namun memiliki makna yang begitu dalam. Saya bersyukur bisa dipertemukan dengan adik yg luar biasa ini. Selain itu, saya juga bertemu dg adik kecil yg luar biasa semangatnya. Waktu itu dia sedang melihat gambar hasil karya teman-temannya. Kemudian saya mencoba menghampirinya dan bertanya, "cita-cita ade setelah besar nanti mau jadi apa ?", "jadi dokter ka," jawabnya polos. Kemudian saya coba tanya kembali, "kenapa ade ingin jadi dokter ?", jawabannya kurang lebih seperti ini "karena kan waktu di TV ada anak yang kakinya buntung dua, tapi masih semangat untuk belajar, aku juga ingin seperti dia untuk terus semangat belajar". (2)


Subhanallah, Mendengar jawaban dari adik kelas 1 SD ini membuat saya malu pada diri sendiri, karena seringkali saya mengeluh jika banyak tugas kuliah dan kalah semangat dengan adik kecil ini. Sekali lg saya bersyukur bisa bertemu dg adik kecil yg menginspirasi saya untuk tetap semangat dalam menggapai cita.


Terimakasih adik-adik ku yg luar biasa, semoga cita-cita kalian bisa terwujud di masa yg akan datang. Terimakasih juga untuk kerlip, hari ini benar-benar hari yang istimewa ...

Jumat, 02 Mei 2014

Alhamdulillah narasi-narasi dari penyintas anak di SMAN 1 Simpang EMpat mulai diterima bu Nia_terimakasih Bu


---------- Forwarded message ----------
From: Nia Kurniati
Date: 2014-05-02 19:57 GMT+07:00
Subject: Kiriman narasi dari Kabanjahe
To: yanti kerlip


Ini kiriman Narasi Luky Filipi:


Saya senang atas kedatangan ibu dari kerlip, saya dan teman-teman bisa mengetahui ide-ide baru. Yang saya sangat sukai dalam pertemuan kita adalah saat pertama kali bu yanti dkk datang ke sekolah menyuruh kami untuk membuat papan mimpi, saya dkk sibuk tak menentu ribut sana sini, ada yang mau mengeluarkan mimpi-mimpinya tapi tak ada yang menggapi, ada yang teriak-teriak di kelas karena tidak belajar, ada yang ketawa-ketawa, ada juga yg serius, lari kesana kemari meminjam lem , membuat suasana kelas heboh. Terimakasi bu atas kedatangan kalian kami bisa mengetahui pendidikan itu hal yg paling berharga. Jangan pernah melupakan kami bu :))




---------- Forwarded message ----------
From: Nia Kurniati
Date: 2014-05-02 20:42 GMT+07:00
Subject: Re: Kiriman narasi dari Kabanjahe
To: yanti kerlip


Lagi, ini Narasi INES,


perasaan saya saat bertemu dengan Ibu dari kerlip saya sangat senang. Saya bisa mengeluarkan mimpi-mimpi saya yang dulunya tidak ada yang bertanya apa mimpi saya sekarang saya bisa menungkan mimpi saya tersebut pada pertemuan kita saat itu, yg di tuliskan pada papan mimpi.
Saya sungguh gembira. Terimakasih bu atas pengajaran dan didikan yang kalian kepada kami anak-anakmu di SMA N 1 Simpang Empat, kami sungguh berterimakasih, kami dapat pengetahuan baru dari kalian.
Jangan pernah kalian melupakan kami bu, kami akan meneruskan kemampuan kami ini untuk membangun bangsa ini ke yg lebih baik lagi. Kami akan belajar dengan lebih baik lagi..terimakasih bu..
Semoga pengajaran yg kalian berikan berguna bagi kami anak-anak tanah karo. Sekian dan Terimakasih :))


Pada 2 Mei 2014 19.57, Nia Kurniati menulis:
Ini kiriman Narasi Luky Filipi:

Saya senang atas kedatangan ibu dari kerlip, saya dan teman-teman bisa mengetahui ide-ide baru. Yang saya sangat sukai dalam pertemuan kita adalah saat pertama kali bu yanti dkk datang ke sekolah menyuruh kami untuk membuat papan mimpi, saya dkk sibuk tak menentu ribut sana sini, ada yang mau mengeluarkan mimpi-mimpinya tapi tak ada yang menggapi, ada yang teriak-teriak di kelas karena tidak belajar, ada yang ketawa-ketawa, ada juga yg serius, lari kesana kemari meminjam lem , membuat suasana kelas heboh. Terimakasi bu atas kedatangan kalian kami bisa mengetahui pendidikan itu hal yg paling berharga. Jangan pernah melupakan kami bu :))




--
Yanti@KerLiP//+62-81220555069//Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak bersama Keluarga Peduli Pendidikan//Jl. Kanayakan A-19 Bandung 40135// Tlp/fax : +62-22-2502641//email :gembirabersamakerlip@gmail.com

website :http://perkumpulankerlip.wordpress.com/
blogs:
1. http://sekolahramahanak.wordpress.com/
2. http://gerashiaga.wordpress.com/
3. http://gembirabersamakerlip.blogspot.com/

Arlian memang konsisten dan hebat ya, gunakan sms untuk kirim narasi 3 jam setelah Lokalatih ditutup


------ SMS ------
From: +6283822749946
Received: May 1, 2014 18:40

Narasi tadi di STKS
hari ini tanggal 1 mei 2014 dari sekitar jam 8 sampai jam 3 sore,arlian mengikuti pelatihan indeks happiness dengan indikator warna..dalam kegiatan ini ibu nia membagi 3 sesi yaitu champion,change dan connect.Hal ini juga pernah arlian lakukan waktu di MDGs dan sebenarnya pelatihan seperti ini biayanya sampai 45 juta dan waktu di MDGs biayanya tuh 4 juta tapi arlian bisa berkesempatan mendapatkan pelatihan ini secara gratis waktu itu.
Kegiatan ini diawali dengan bermain bersama yaitu bermain cingcilipit.permainan ini sebagai awal pemanasan kita melakukan kegiatan lainnya lalu
Di sesi pertama kita bersama sama membuat mandala diri dan mahkota..kegiatan ini sangat menyenangkan karena kita bisa tahu potensi pribadi dan pendapat orang mengenai kita..kalau arlian waktu kelas 7 sudah membuat hal ini ( masih ada lanjutannya bu)
Powered by Telkomsel BlackBerry®


------ SMS ------
From: +6283822749946
Received: May 1, 2014 18:40

Dan arlian jadi teringat kembali,kalau di book of me arlian,arlian merangkum menjadi kalimatnya "lengkapi hidupmu dengan rasa senang dan buat harimu menjadi menarik"
lalu di sesi kedua setelah istirahat kita melanjutkannya dengan membuat book of me,arlian juga ikut membuat tapi hanya di kertas,arlian mengambil isu mengajar karena arlian sebagai murid merasa sistem mengajar di sekolah tidak menarik.terus kita dikelompokan sesuai isu dan arlian sekelompok dengan bilqis,teh iwang,bu yanti,ka satria,teh amel,teh alfa,dan teh rizka..terus satu sama lain menjelaskan book of me nya.arlian tidak berkesempatan menjelaskan karena kondisi waktu. (ada lagi lanjutannya bu)
Powered by Telkomsel BlackBerry®


------ SMS ------
From: +6283822749946
Received: May 1, 2014 18:41

Jadi cerita di book of me nya arlian, arlian tuh merasa saat kita belajar di sekolah tuh bosan dan menyebalkan..cuma ada beberapa guru yang menyenangkan saja.arlian ingin guru tuh menjelaskan dengan cara kreatif contohnya salah satu guru arlian.yaitu bu yunengsih dan beliau ini guru prakarya.jadi saat itu ada tugas menjelaskan tentang tanaman holtiktur yang kita pilih.arlian dan teman memilih ubi ungu.jadi kita menjelaskannya tuh dengan sistem graphic recorder terus ada juga yang buat stop motion,film dll.
Terus waktu pelajaran sunda juga kita disuruh mendongeng dengan cara yang kreatif.Nah arlian di pelajaran ini bikin kaya story board.Menurut arlian seharusnya guru tuh dapat mengajarkan murid sesuai minatnya ( ada lagi)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------ SMS ------
From: +6283822749946
Received: May 1, 2014 18:41

Terus di sesi ketiga yaitu connect tiap kelompok diminta persentasi terus secara pribadi boleh menginvestasikan jadi kaya di bursa saham.Arlian menginvestasikan di semua kelompok karena ide sosialnya ini keren keren dan arlian mau coba bantu untuk mewujudkan itu semua.karena menurut arlian semakin banyak kita membantu maka semakin banyak pula orang yang mau membantu kita.terus yang terakhir tuh bikin akad aksi mesra di akad arlian,arlian lebih fokus di KoDe dan di sekolah.
Acara hari ini sangat menyenangkan.Arlian sih berharap yang ikut acara tadi tidak hanya menuliskan ide sosialnya tapi bersama sama mewujudkan itu semua.Satu kalimat yang arlian dapet hari ini "ide besar jika hanya dipikirkan akan biasa saja,tapi ide kecil jika kita lakukan akan sangat luar biasa" jadi sekecil apapun ide kita,kiya harus berusaha mewujudkannya
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Lokalatih 3C for Agent of Change Towards Child-Friendly School


Notulen Lokalatih 3C “Menjadi Agen MeSRA”
Icebreaking:
1. Membuat lingkaran
2. Telapak tangan kiri dan telunjuk tangan kanan bergerak sesuai kata pilihan : KerLiP, dan….
3. Bu Nia bercerita tentang rangkaian kegiatan
4. Setiap mendengar kata KerLiP telunjuk kanan diangkat
5. Yang tidak bergerak sesuai kesepakatan keluar lingkaran
6. Lingkaran makin kecil sampai setengahnya
7. Berdiri saling berhadapan
8. Bu Nia mempersilakan kelompok yang tetap dalam lingkaran untuk mengatur permainan
9. Disepakati lagu dan gerak Topi saya bundar

Kontrak belajar:
1. HP disimpan, hanya dibuka saat rehat
2. Rehat per sesi 15 menit
3. Diijinkan keluar untuk ke WC
4. ATK disediakan sendiri. Bagi yang tidak membawa boleh meminta ke panitia dengan membayar dalam bentuk tertentu
5. Bergiliran mendengarkan dan menyimak instruksi dengan sepenuh hati
8.50-8.56 : mahkota dan berkelompok dalam 5 hitungan
08.56- 09.10 :
1. Membuat lingkaran dibagi 4
2. Membuat mandala diri: Bercerita dan Mendengarkan
Pertanyaan yang membantu
a. Apakah Lagu favorit
b. Pengalaman mencipta sesuatu tapi tidak berhubungan dengan prestasi akademik selama ini
c. Pengalaman yang paling berkesan selama ini
d. Hal yang paling membanggakan yang dicapai selama 1 tahun ini
Simulasi oleh Arlian
a. Ibu Nia bercerita
b. Arlian mendengarkan
c. Posh it dibagi 2

Catatan simulasi
a. Lagu favorit bu Nia tadinya Laskar pelangi tapi berubah jadi lagu “Kau yang terhebat” dari Koboy Junior setelah berproses bersama para penyintas anak di Kabanjahe . Suka lagu itu karena mendapatkan semangat luarbiasa dari para penyintas anak. Kamisepakat mempunyai mimpi yang sama, gagal dan rasa takut dan kami siap memulai melakukan. Satu kata inspiratif menurut Arlian dari cerita tersebut : Menginspirasi
b. Selama ini tidak pernah ke dapur, tidak memasak, tidak ada yang mendorong bias memasak. Suatu hari orangtua ibu mau ulang tahun, orangtua ibu sangat pandai memasak, terpikir akan membuat kue, browsing, buat kue, ternyata gagal, betapa bahagia saat maminya bilang kalau ini kue terhebat, resep bolu bantat, setiap acara tertentu pasti mami selalu bilang . Menurut Arlian, seperti apa pengalaman menciptanya : selalu berusahan ibu jadi bangga
c. Perjalanan ke Kabanjahe, yang pertama langsung berhubungan dengan anak2, dan ternyata anak2 tsb anak2 yang luar biasa hebat. Makin yakin smeua anak adalah bintang. Tinggal tombol on ofnya dipijit oleh orangtua. Menurut Arlian : Berpikir positif
d. Keempat : hal yang paling membanggakan dicapai selama 1 tahun teakhir. Sebenarnya, merasa bangga dengan perkembangan yang dicapai Arlian. Arlian menunjukkan konsistensi untuk mencapai hal seperti ini sejak 2010 didampingi. Menurut Arlian : Guru Inspirasi, terimakasih Arlian, jadi terharu

Hasilnya akan ditempel dan bergantian cerita di satu kelompok tertentu
Pertanyaan yang ditulis Arlian akan ditempel untuk membantu
Belajar melakukan ppresiasi dengan 1 kata inspiratif untuk setiap pertanyaan yang membantu
Teknik “Mandala Diri” di kelompok bisa dilaksanakansatu per satu sampai selesai, tetapi dalam lokalatih ini hanya disediakan 20 menit per kelompok
Selamat bersenang-senang dengan teman-teman!

Catatan proses 09:10 – 09:38
1. Masih saling menunggu perlu icebreaking yang lebih melekatkan hubungan“bonding”
2. Allisa masih menjadi observer internal, perlu belajar berinteraksi diusulkan untuk mengajak teman-teman sebayanya Akan ditawarkan penanganan psikososial pasca UN bagi anak-anak SDN Coblong IV untuk mengujicobakan mandala diri dengan kelompok sebaya

Waktu ditambah 5 menit
Kelompok yang sudah selesai bisa mengobrol dan menghias lingkaran

09:38 sd 09:42
Bagian tengah : memilih 3 kata inspiratif, yang sering muncul atau yang paling disukai.
Ibu bisa memilih kata inspiratif
09:42 sd 09:45 memilih perwakilan kelompok, boleh menyampaikan mandala diri atau mandala diri orang lain
09.:46 sd 10:05 Sepanjang sesi, bergantian yang presentasi agar semua mendapatkan bagian
1. saat diskusi kedepan, waktu yang disediakan 2 menit
2. mulai belajar dari hal-hal kecil, apresiasi teman-temannya


Presentasi Mandala diri

1. Dina, Bilqis, Alfa menampilkan mandala diri masing-masing (cek di dokumentasi)
2. Kelompok 5 : Alan
Lagu favorit
1. Saya pelindungmu, melindungi seseorang
2. Pengalaman paling berkesan modal nekad jalan-jalan ke yogya, menginap di pelataran masjid
3. Peduli care, traveler, keren dan nekad
3. Kelompok 1
Lain sendiri, menggabungkan mandala kelompok.


Catatan dari bu Nia:
 Mandala yang dibuat teman- teman adalahdata penting, penyemangat, bukan karena narsis tapi karena diapresiasi orang lain.

 Mandala diri Arlian tetap disimpan sejak disusun 2010 lalu.
 3 kata inspiratif dari lingkaran tengah mandala mandiri, tulis di 3 puncak mahkota, mudah2an akan terus mengingatnya karena inspiratif. Ada sesi foto dan cerita mahkotanya Jika tidak puas, bisa dihias dan dilengkapi serta disimpan.


10:05-10.30 Refleksi

Kesan yang paling mendalam, indikator warna dan saran perbaikan
Saat melakukan kegiatan hal yang menarik dan saran perbaikan.
Hal yang paling slit dilakukan adalah membuat narasi
Membuat narasi akan lebih banyak orang yg terinspirasi

Kapan diisi, warna yg memberi kesan yg paling mendalam
Kapan mengisinya, begitu mendapatkan AHA, boleh menuliskan kesan yang mendalam di setiap tahap kegiatan


10:30 – 10:48 Membuat book of me

Presentasi Zero waste event Arlian
Pilihan isu yang dilaminating bu Nia ditempel di dinding
Bursa Isu, fokus pada 1 isu yang akan dikerjakan agar memiliki action plan dari isu yang terpilih. Tersedia isu yang masih kosong untuk membuka peluang isu-isu baru dari teman-teman,

Model Book of Me Arlian sangat keren, namun lupa dicari di Kanayakan. Jadi memaparkan book of me bu Nia sejak 2006-2011
Isu yg dipilih : pengolahan sampah, mulai dengan pendampingan KIR. 2006 ada Dyah ketua OSIS yang kini baru pulang dari AFS di USA sekarang kuliah di Desain ITB

2007 mengalami hambatan sekaligus tantangan dr kepala sekolah. Bagaimanapun harus dibuktikan
Akhirnya memilih jadi kepompong dengan harapan menuai bening, pohon boleh 1 tapi buah macam2

2008 mengikuti kegiatan guru2 di Pasuruan, 16 negara, orang2 yg memiliki kepedulian tinggi thd lingkungan. Makin yakin kalau perlu dibuktikan. Pulang, bertemu dg 4 jagoan dipimpin Ares
Anak Band, gaul, hapus Styrofoam. Sepakat mengukur jumlah Styrofoam dalam sampah setiap kelas. Mendiskusikanaksi bersama. Lalu enjelaskan setiap kelas atau minta ke kepala sekolah didepan upacara
Kelas 7 bertemu dg Ami, menjadikan sumber inspirasi bagi kita hari ini
Ami dg learning by doingnya tetap melakukan evaluasi kekurangan 2006. Alhamdulillah merasa mulus sd 2008, banyak prestasi didapatkan, hadiahnya. Hidup makin berarti

2010 bertemu Arlian, inspeksi ke kolong2 bangku tiap kelas, memilah sendiri, bank sampah, takakura dst, kemudian isu yg paling membuat Arlian banget Zero Waste Event, hidup sampai 1 kelasnya pemilahan 8 sampah anorganik

Visi kedepan, ternyata ada Arlian dan Ria
Alhamdulillah, visi berikutnya :
Sekolah yg benar2 berbeda, laki2 banget
Menjadi hebat itu, bebas melampaui batas yg dia harapkan.

10:48-11.30
Apa yg akan dilakukan sepanjang bulan Mei, 6 bulan kedepan, setahun kedepan, atau terserah mau apa. Setiap orang menyusun book of me sesuai dengan isu yang dipilih dari bursa isu.

Pengelompokan isu berdasarkan book of me
1. Pendidikan dan kebudayaan
2. Pengangguran
3. Makanan bergizi
4. Remaja gaul tanpa sex
5. Anti rokok
6. Perlindungan Anak
7. Lingkungan Hidup
Khusus kelompok Pendidikan

Alfa
Pendidikan karakter, dulu dg disiplin militer
1. Inlove with yourself
2. family intention
3. Membiarkan anak bermimpi
4. Be better, be stronger

Ksatria
Isu Anak jalanan
1. Miskin, tertinggal, terbelenggu tidak dapat kebebasan
2. Tindakan cepat bisa menjadi sosok siswa yg hebat, ada semangat kekeluargaan,
Jadi manusia suuper

Riska
Pentingnya pendidikan anak usia dini
Bergantung pada golden age
Bagaimana: petualangan edukasi, ini warna apa, jumlahnya berapa, tidak mendikte, rumah nyaman bagi anak
Tujuan PAUD

Bilqis
1, Demo2 orang sunda ttg politik
2. Marah hanya nyanyi doang, penguuatan gerakan memilih pemimpin
3. Kesel gara2 budaya sunda ditinggalin
4. Premanisme politik, dibayar utk memilij
5. Cobalah pikirkan

Iwang

Sekolah Idaman, ada penghargaan, tetap pakai toga, bisa mengenal alat musik, ameng di taman kota, santai dan menikmati

Problematika kehidupan, keluarga tetap yg utama, unik,
Ibu, hadiah

Setiap kelompok menyusun tabel

Hobby, Minat, ketertarikan -->passion
Soft skill --memasak, komunikatif, percaya diri
Isu sosial : jajanan kurang sehat
Kelompok masyarakat : siswa SMA kelas 10, berapa lama
Ide sosial : gerakan makanan sehat di kantin sekolah


ISHOMA sd 12.30

12.40 – 14.15
Presentasi setiap kelompok
1. Kelompok Pengangguran ide sosial “youth Ecosocpreneur Internship dibiayai dari pemilahan sampah di sekolah, sasaran SMP/SMA
2. Kelompok Remaja Gaul Tanpa Sex “Gerebek” di SMAN 20 Bandung
3. Kelompok Pendidikan sekolah kita untuk anak jalanan
4. Kelompok Anti Rokok SMA Alfa Centauri, sosialisasi
5. Kelompok Makanan bergizi SD dekat rumah, jajanan sehat dan ke ibu hamil menyusui
6. Kelompok Lingkungan Hidup SMP 41, sekolah bersih dan sehat

Semuanya investasi. Bursa program yang paling laku Pendidikan, akan dipresentasikan tanggal 3 Mei di SD Al Amin

Jam 14.15 -14.35 Presentasi Youth Ecosocpreneur Internship dari Zakky bisa dibeli dengan menjadi Agen MeSRA diperkuat Ibu Yanti dengan menghadirkan Narasi Safari GeMBIRA oleh Sendra dan Bilqis, peuturan Agenda Bulan Aksi MeSRA oleh Iwang dan memperlihatkan Café Imu GeMBIRA oleh Iyen

14.35 – 15.15 Pembuatan komitmen masing-masing untuk menyediakan investasi sebanding dengan pilihan di Bursa Program. Contoh komitmen bu Nia untuk menggerakkan 1.400 siswa SMPN 11 untuk memastikan setiap Ide Sosial yang dipresentasikan menjadi pilihan kegiatan dalam upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMPN 11 Bandung

15.15-15.30 Foto Bersama dan penyepakatan penggunaan twitter untuk media komunikasi