Jumat, 20 Mei 2011

Side Event yang Memukau

Tak pernah terbersit dalam pikiran untuk memanfaatkan waktu luang selama menikmati fasilitas hotel yang disediakan Child Fund. Ini terjadi begitu saja...saking terbiasanya memanfaatkan semua sumber daya.

29 April 2011

Pertemanan di facebook memperkuat silaturahmi dengam Ivan Dakocan yang sempat terputus sejak tahun 2006 pada event peringatan Hari Anak di Way Kanan. Pak Gino adalah penghubung kami waktu itu.
Perjalanan naik KA malam hari bersama Iin yang tengah mengandung anak keempatnya makin mengesankan saat melihat atraksi Dakocan di hadapan ratusan anak dan orang dewasa di Way Kanan.

Kekhasan Dakocan dalam mendongeng inilah yang kemudian menghantarkan kami duduk bersama menyusun Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Anak Usia Dini.

Tanggal 29 April Ivan dan Iin datang ke Taman Budaya mengajak Redja dan Egi mitra muda mereka di Dakocan. Beberapa file terkait PaudBKB dan Pendidikan Ramah Anak yang sedang disusun Tim KerLiP bersama Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak disimpan kedalam laptop Ivan.

Iin dan Redja (Egi?) Mengikuti sesi Kafe Ilmu yang kugunakan pada sesi Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat yang diminta KBA Lampung.
Anak-anak dari 7 forum anak di 7 kabupaten difasilitasi senior mereka dari LPA yang juga pemimpin muda dunia sangat antusias menemukan banyak sekali jajanan ilmu yang dikumpulkan dari setiap kafe.

Dakocan pun sepakat untuk meneruskan pertemuan dari Taman Budaya ke hotel Grand Anugerah tempatku menginap.
Mereka membawaku pergi ke warung tenda seafood pukul 20.00.
Obrolan tentang 20 menit yang memukau menarik hatiku.
Aku berjanji untuk menghubungkan 20 menit yang memukau dengan kampanye budaya aman yang sedang disiapkan KerLiP bersama SMile di Jakarta dan Bandung.
Dudi bersedia membantu penyusunan storyboard untuk film pendidikan ramah anak yang kugagas bersama LKBN Antara.

30 April 2011
Ivan menjemputku untuk mengikuti lomba dongeng antar pendidik PAUD se Lampung yang diselenggarakan majalah Gemas bersama BPD provinsi Lampung. Sangat menarik!
Aku sempat mengajak Egi dan Redja untuk mendorong pembentukan GSB bangun budaya aman di sekolah2 di Lampung. Katanya mereka tertarik.


3-5 Mei 2011
Aku kembali ke Lampung dengan penuh semangat membangun Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Anak Usia Dini dengan kegiatan mendongeng untuk mengisi 20 menit yang memukau.
Seperti biasa malam hari, Dakocan mengajakku makan malam. Kali ini di Diggers dengan view-nya yang luar biasa.
Obrolan tentang kampanye budaya aman, 20 menit yang memukau dan Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Anak Usia Dini makin fokus. Egi berjanji untuk menyusun ToR 20 menit yang memukau. Dokumen terkait aktivitas Dakocan pun disimpan ke laptopku. Aku sudah menyampaikan workplan kampanye budaya aman yang akan difinalisasi pd tgl 5 Mei di Jakarta.
Draft storyboard pendidikan ramah anak ternyata sudah disiapkan Redja dkk.


5-9 Mei 2011
Proposal Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Anak Usia Dini yg disusun Lovely melengkapi workplan yg disepakati dengan Wahyu dan Junaidi di Jakarta. Bu Atty, pokja pendidikan Tim Penggerak PKK DKI Jakarta dan Bu Ninin asdep PHPA menyambut baik gagasan tersebut.

Relawan dan magang yang memilih kampanye dan advokasi serta PAUD bersama Zamzam dan Ijul aku ajak untuk melaksanakan kegiatan di Jabar. Lovely juga mengajak mitranya di Surabaya.
Draft storyboard sudah direvisi

10-11 Mei
Rencana kampanye budaya aman ini aku sampaikan dalam workshop penyusunan panduan sosialisasi dan advokasi PAUD HI di hotel Salak. Bu Yurni, Bu Ninin, Pak PKSAB dan Mbak Valent sangat antusias. Bahan dari Dakocan dikritisi

Draft storyboard utk LKBN antara pun menarik minat Bu Ninin untuk mengajak Pak Deputi tumbuh kembang anak.

12 Mei
Peluang kerjasama dengan Darul Hikam segera ditindaklanjuti Ova dan Ijul. Pembekalan relawan pun menghasilkan kesepakatan yang menguatkan berbagai upaya kerlip dengan SMile dan PPAM

13-17 Mei
Obrolan dengan Dakocan sudah lebih teknis. Redja menyiapkan draft leaflet dibantu Ade, orang Dakocan lainnya yg juga dosen esa unggul di Jakarta.
Ivan dan Iin juga menyiapkan FAQ yg sudah disepakati.

Rupanya Pak Deputi tertarik untuk meyakinkan bu MenegPPPA terlibat dlm kampanye ini juga tim penggerak PKK DKI Jakarta.

Ova dr SMile di Bandung mendukung gerakan ini dengan mengirimkan revisi dokumen ke email bu Ninin.

Ivan siap hadir lebih awal utk vbertemu dg Tim Penggerak PKK DKI pd tanggal 19 Mei 2011.
Masih ditunggu konfirmasi keikutsertaan bu Linda dlm konferensi pers tanggal 20 Mei yad.

Semoga lancar ya

Tidak ada komentar: