Dukungan Logistik
Ba'da subuh teh Iwang sudah bekerja menyiapkan kit GeMBIRA bersama KerLiP yang terdiri dari:
A. Bahan Pembuatan DReAMs Board untuk 5 kelompok
1. Koran bekas
2. Lem
3. Gunting
4. Kertas Plano
5. double tip
6. Pinsil warna
7. Spidol
8. Kertas HVS A4
9. Alat tulis
10. Kartu Pos untuk Capres NKRI 2014
B. APET Alat Permainan Edukasi Tradisional
1. Karet gelang hasil untunan di Cafe Ilmu GeMBIRA
2. Congklak dengan biji pelangi dari plastik
3. bola beklen dan kewuk kuning
C. LIBRA Lembar Inspirasi Bagi Ragam Anak untuk Cara Asyik Cari Tahu "MeSRA"
D. Kerangka Acuan Kegiatan Safari GeMBIRA
Nirwan dan Sendra, Agen-agen MeSRA dari Greenaration SMAN 19 Bandung, tiba jam 6 pagi. Saya dibonceng Zakky dari Green SMile Inc penggagas Youth Ecosocpreneur Internship membawa 1 tas isi kit GeMBIRA dan Nirwan dan Sendra membawa kit GeMBIRA lainnya.
SMPN 49 terletak di dekat terminal Cicaheum bersedia menjadi sasaran Safari GeMBIRA perdana di tanggal 23 April 2014 setelah melalui proses panjang. Iwang dan Iyen yang mengantarkan surat permohonan Safari GeMBIRA mendapatkan tantangan seperti biasanya. Pak Wawan salah satu PKS SMPN 49 Bandung hanya mau memberikan ijin atas instruksi Kepala Sekolah. Alhamdulillah, ternyata Kepala Sekolahnya tim penyusun dari Pokja yang dibentuk Disdik Kota Bandung untuk berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Pendidikan menyusun Draft Juknis PPDB 2014. Sehingga, atas bantuan bu Dian dari Disdik Kota Bandung, akhirnya saya bisa menelpon Pak Nana yang tengah takziah ke Cicalengka.
Pelaksanaan Safari GeMBIRA
Sambil menunggu kesiapan soundsystem, saya mengajak anak-anak yang pernah naik pesawat untuk mengingat saat-saat sebelum take off. Beberapa anak yang mengacungkan tangan saya hampiri untuk menyampaikan apa yang mereka ingat ketika naik pesawat. Masih agak malu-malu. Tapi ada 1 anak yang dengan pede menjawab tentang suara bising pesawat padahal dia belum pernah naik pesawat hehehe. Dialog saling belajar terus diperkuat dengan 'asking" bertanya lagi tentang pengalaman duduk di kendaraan pribadi disamping sopir. Akhirnya ketemu juga dengan maksud dialog ini untuk mengenalkan budaya keselamatan dan keamanan dari resiko bencana. Bagaimanapun pengalaman belajar saya dalam kampanye dan advokasi Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana menyadarkan saya tentang pentingnya menularkan budaya aman dan selamat kepada anak-anak di sekolah dalam upaya pengurangan Resiko Bencana.
Tidak lama kemudian Farid dari FOKAB yang juga peserta didik SMAN 19 Bandung tiba.
Saya meminta Bilqis ketua OSIS untuk memimpin lagu evakuasi gempa dengan irama lagu Pelangi.
Kalau Ada Gempa Lindungi Kepala
Kalau Ada GeMpa Jauhilah Kaca
Kalau Ada Gempa Bersiaplah Antri
Berbaris Keluar Kumpul Di Lapangan.
Anak-anak kemudian mempraktekkan lagu tersebut bersama-sama dan berkumpul di lapangan. Disana kami bermain dan bergembira.
Acara dibuka oleh Pak Wawan dan perkenalan kegiatan sepintas oleh saya dan Nirwan. Sayang Pak Wawan ada kegiatan lain untuk persiapan Ujian. Tapi ada bu Lulu, guru BK dan Pak Abeng. Meski tak bergeming dari tempatnya dan kemudian digantikan oleh guru agama, saya yakin kehadiran guru-guru tersebut sangat penting artinya.
berikut rangkaian kegiatan yang ditulis oleh Zakky :
07.15-07.30 Pengenalan simulasi evakuasi gempa dengan menyanyikan dan mempraktikan lagu “kalau ada gempa” dengan irama lagu “Pelangi”
07.30-07.45 Sambutan dan Penjelasan
07.45-8.00 Tepuk hak anak dan tepuk warna
8.00-8.05 Perkenalan Agen MeSRA
08.05-08.10 Tepuk semangat
08.10-08.15 CARA ASTYIK CARI TAHU “MeSRA:
Kata inspiratif yang teringat saat mendengar kata MeSRA dan Sekolah ramah Anak
Praktik baik yang sudah dilakukan dalam upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak
08.20-09.15 Pembuatan DReAMs Board per kelompok dari praktik-praktik baik anggota
09.15-10.00 Presentasi Kelompok
10.00-10.30 Penyusunan Rencana Aksi MeSRA dengan langkah berikut:
a. Diantara semua isu terkait kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya yang pernah kamu dengar, pilih kejadian/masalah yang paling membuat kamu prihatin hingga ingin segera ber-Aksi
b. Rencana aksi MeSRA apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
c. Siapakah diantara Teman, Orangtua/Wali, Guru, Kepala Sekolah, Lainnya yang akan kamu yakinkan untuk mendukungmu
d. Bagaimanakah carayang paling kamu harapkan agar mereka dapat mendukung kamu menyelsaikan masalah tersebut
e. Apakah bentuk unjuk karya yang akan kamu buat untuk menginspirasi yang lain bergabung di Bulan Aksi MeSRA 2014.
mereka bisa mendukung kamu menyelesaikan masalah prioritas tersebut
10,30-11.00 Pengumpulan Rencana Aksi MeSRA dan Penulisan kartu pos untuk Capres NKRI
11.00-12.00 Sajam Ameng diluar kelas
Bagaimana serunya kegiatan Safari GeMBIRA, kita tunggu narasi-narasi dari para agen MeSRA.
foto-foto kegiatan bisa dilihat di https://www.facebook.com/keluargapedulipendidikan/media_set?set=a.10202915705885620.1073741852.1592085876&type=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar