Senin, 02 Juli 2012

Sekolah Rawan Bencana Butuh Peta Risiko

http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/05/27/m4nk97-sekolah-rawan-bencana-butuh-peta-risiko

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sejumlah sekolah termasuk madrasah di daerah rawan bencana harus menjadi perhatian semua pihak. Hal tersebut guna mengurangi risiko bencana di sekolah-sekolah tersebut.

"Semua pihak harus memperhatikan sekolah dan madrasah yang berada di daerah rawan bencana," kata Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Sekolah Aman, Yanti Sriyulianti, di Padang, Ahad.

Yanti menyatakan sekolah harus aman dari bencana. Karena itu, standar minimum fisik maupun nonfisik sekolah harus diterapkan pada proses rehabilitasi dan rekonstruksi sekolah yang kini tengah berlangsung.

Langkah tersebut perlua dilakukan untuk mengurangi risiko saat terjadi bencana. Dalam pengurangan risiko bencana tersebut, maka pedoman penerapan sekolah dan madrasah yang aman dari bencana perlu diterapkan.

"Kami memandang perlu untuk melaksanakan pedoman penerapan sekolah dan madrasah yang aman dari bencana," ujar dia. "Peta risiko bencana menggambarkan dengan jelas lokasi sekolah dan ancaman bencana yang dihadapi. Sehingga, kita bisa menentukan konstruksi bangunan sekolah yang dibutuhkan.''

Tidak ada komentar: