Kamis, 13 Januari 2011

Cara Asyik Cari Tahu




"Ibu...ini Main Mapping kudanya!" seru Icha sambil menunjukkan karyanya. Icha senang sekali naik kuda. Hal-hal yang paling menarik dari kuda adalah penggunaannya untuk bersenang-senang seperti yang dituliskan dalam Main Mapping nya. Wah...menarik nih. Selama ini ternyata Icha menuliskan Main Mapping bukan Mind Mapping. Pantas saja jika petanya seperti itu ya.

Resolusi tahun 2011 disepakati untuk kembali menikmati proses tumbuh bersama Icha dengan menggunakan Cara Asyik Cari Tahu sebagai metode berpengetahuan. Icha selalu menjawab sudah kelas 4 jika ditanya oleh teman-temannya. Beberapa buku pelajaran kelas 4 SD sudah satu semester menumpuk di meja kuning. Hampir tak tersentuh karena Icha lebih asyik game online atau menikmati lesson time di time for learning atau menonton acara-acara kegemarannya di TV.
Biasanya Icha memetakan kembali halaman tertentu dari Majalah Bobo lalu dilengkapi dengan World Book Encyclopedia, Widya Wiyata Pratama dan internet.
Teka-teki silang di Kompas dan Pikiran Rakyat adalah rubrik yang paling disukainya.

Cara Asyik Cari Tahu yang dipilihnya kemudian adalah mengenai logam atau metal.
‎"Mengapa di sepanjang rel Kereta Api tidak ada tambal ban?" teka-teki yang Icha sampaikan ke Om Zamzam menjadi pilihan CACT minggu pertama Januari 2011. Asyik ya...sampai membandingkan emas dengan Mas Herry hehehe...
Emas dipilih sebagai contoh logam setelah Icha menyebutkan anting yang dipakainya sebagai salah satu jenis logam. Pagar depan rumah menjadi model penelusuran kemungkinan rusaknya logam. Oh ya, Icha bilang kalau logam bukan kempes tapi rusak. Setelah memperhatikan bagian pagar yang rusak, Icha jadi ingin tahu lebih banyak tentang karat. Penelusuran tentang emas turut menambah pengetahuanku tentang beragam warna emas.

2 komentar:

putrikerlip mengatakan...

ibu ade udah selesai ko buku pelajaran kelas 4 yang bahasa inggris terus semuanya yang IPS,IPA,DLL Sedang dikerjain dan time4learningnya juga.

yanti kerlip mengatakan...

Subhanallah
Ternyata Ade menjawab
Maaf ya baru baca. Masih tertarik CACT kan