Selasa, 18 Januari 2011

Belajar a la PutriKerLiP



Model CACT (Cara Asyik Cari Tahu) yang kami kembangkan seiring dengan tumbuh kembang Icha (8 tahun) terinspirasi oleh kesenangan Icha main tebak-tebakkan. Lazimnya proses inisiasi, diperlukan intensitas pendampingan yang cukup memadai sampai Icha tumbuh kembang mandiri dalam menjalankan CACT ini.

Icha memilih internet dan world book sebagai sumber belajar utama dalam dampingan ibu, kakak dan mitra keluarga Icha di facebook ibu. Hasil karya mindmap Icha dipublikasi dalam facebook ibu dan mendapatkan tanggapan yang mengundang rasa ingin tahu Icha untuk hal lain. Sedangkan narasi proses dan hasil belajarnya dipublikasi Icha dalam www.putrikerlip.blogspot.com. CACT tentang children trafficking adalah CACT bertabur bintang yang Icha lakukan sambil lalu. CACT ini muncul karena terinspirasi oleh hasil CACT berlian di India dikaitkan dengan film Slumdog Millionaire yang ditonton Icha sebelumnya (meski hanya sepintas) serta tambahan informasi dari Om Leon melalui komentar di facebook ibu.

Mengekalkan rasa ingin tahu dengan model CACT menjadi fokus penelitian dan pengembangan Pendidikan Anak Merdeka yang dimulai Tim Litbang KerLiP sejak mengembangkan pendidikan karakter a la SD Hikmah Teladan 10 tahun yang lalu. Sampai saat ini kami masih terus melengkapi naskah akademik CACT sambil membimbing penelitian dan skripsi tentang CACT yang dilakukan oleh puluhan relawan dan mitra KerLiP.

Diharapkan melalui pendampingan dan dokumentasi proses pembelajaran Icha selama tahun 2011 akan membantu penelitian dan pengembangan Pendidikan Anak Merdeka setidaknya a la PutriKerLiP.

Tidak ada komentar: