LAMPIRAN II
EVALUASI DIRI SEKOLAH RAMAH ANAK
PADA SATUAN PENDIDIKAN (SD/MI/SDLB,SMP/MTS/SMPLB,
SMA/MA/SMK/MAK/SMLB)
PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR
1. Formulir ini diisi oleh Tim Pengembang Sekolah Ramah Anak atas persetujuan komite sekolah/madrasah dan kepala sekolah/madrasah dengan menyertakan pendapat peserta didik perempuan dan laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus bersama pendamping masing-masing.
2. Silakan beri tanda (√) pada kolom 3 sesuai dengan hasil pemeriksaan.
3. Jawaban hanya ada pilihan: “Ya dan Tidak”. Untuk jawaban “Ya” artinya apa yang dinyatakan sudah tersedia dengan bukti yang bersesuaian. Contoh untuk pernyataan poin 1.2 , “Adanya kepastian/ keterjaminan bahwa tidak ada anak yang sampai menderita karena perlakuan diskriminasi didalam kelas maupun diluar kelas, Kalau jawaban ”Ya” yang diberi tanda (√) , maka di sekolah/madrasah tersebut sudah tersedia aturan atau kode etik tentang anti diskriminasi disekolah, dan jika masih belum terpikirkan dan belum ada aturan atau kode etik maka beri tanda (√) pada kolom ” Tidak”.
4. Tim Pengembang Sekolah Ramah Anak menyusun dan menandatangani Berita Acara Evaluasi Diri Sekolah Ramah Anak pada Satuan Pendidikan
5. Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah yang sudah dilaksanakan di sekolah/madrasahdan alat verifikasi yang sesuai akan sangat membantu Evaluasi Diri Sekolah Ramah Anak ini.
6. Penilaian setiap sekolah/madrasah dalam memenuhi indikator Sekolah Ramah Anak (SRA)melakukan kategorisasi dengan perincian sebagai berikut:
a) Tumbuh:
i. Memenuhi indikator SRA yang sesuai dengan indikator SPM pendidikan dasar/pendidikan menengah/madrasah
ii. Ada peserta didik perempuan dan laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus yang memenuhi salah satu dari 3 (tiga) peran peserta didik dalam Penerapan SRA
iii. Ada keluarga yang memenuhi salah satu peran keluarga dalam Penerapan SRA
b) Kembang.
i. Memenuhi kategori Tumbuh
ii. Memenuhi satu indikator SRA dalam 5 (lima) ruang lingkup yang bersesuaian dengan indikator sekolah aman/bersih dan sehat/hijau/adiwiyata/inklusi
c) Mandiri:
i. Memenuhi seluruh indikator SRA
ii. Ada peserta didik perempuan dan laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus yang memenuhi 3 (tiga) peran dalam Penerapan SRA
iii. Ada keluarga yang memenuhi 4 (empat) peran keluarga dalam Penerapan SRA
iv. Memenuhi 4 (empat) peran satuan pendidikan dalam penerapan SRA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar