Selasa, 03 September 2013

Buka Kafe Ilmu yuk! Tema kali ini “Indonesia IDAMAN Anak”


Setiap keluarga dapat berpartisipasi aktif dalam GemBIRA bersama Keluarga Peduli Pendidikan dengan langkah-langkah berikut :
1. Membantu ananda untuk menyiapkan bahan-bahan Daftar Rencana Anak Mandiri (DReAM) : majalah bekas beraneka warna, buku gambar besar (A2)/karton/papan bekas, gunting, lem, spidol/crayon/pinsil warna dan Kamera foto digital untuk dokumentasi
2. Temani Ananda untuk menggunting dan menempel gambar/huruf aneka warna untuk mengisi buku gambar/karton dengan kegiatan:
3. Ajak Ananda untuk mengenal siapa dirinya dengan menempelkan rangkaian potongan majalah/gambar yang dibuat sendiri yang mewakili minat, hobi, bakat, atau cita-cita Ananda.
4. Tambahkan guntingan huruf atau kata beraneka warna bertuliskan moto yang membuat ananda semangat.
5. Penuhi halaman tersebut dengan potongan majalah/gambar yang “anak banget”
6. Hiasi bagian-bagian yang masih kosong dengan crayon/pensil warna/spidol
7. Minta ananda untuk menuliskan, “Aku memilih gambar…… karena aku suka………”
8. Fasilitasi Ananda untuk memotret kegiatan memilih bahan, menggunting, menempel dan hasil yang dicapai setiap 20 menit yang memukau bersama ayah dan bunda
9. Ayah, Bunda dan Ananda dapat bergabung dalam Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak (GeMBIRA) bersama Keluarga Peduli Pendidikan dengan “menjual” hasil karya ananda dalam Kafe Ilmu di event Car Free Day terdekat
10. Ayah dan bunda juga dapat membuka Kafe Ilmu tersebut sesuai dengan tema bulanan yang diusulkan KerLiP
11. Kafe Ilmu bulan September bertemakan “Indonesia IDAMAN anak” untuk merumuskan kata IDAMAN singkatan dari Indah, Damai, Makmur, Aman dan Nyaman.
12. Ajak ananda dan teman-temannya untuk meramaikan Kafe Ilmu dengan street art, happening art, music, tari dan lagu, pojok pustaka, pojok kreasi anak, dst
13. Minta pengunjung Kafe Ilmu untuk menuliskan definisi Indah/Damai/Makmur/ Aman/Nyaman di papan DReAM yang disiapkan ananda
14. Minta mereka menuliskan kalimat penyemangat/motto paling pas untuk wujudkan Indonesia IDAMAN anak dan keluarga
15. Mereka juga bisa diminta menghiasi papan DReAM dengan sketsa/gambar/warna dan alasan membuat/memilih gambar dan moto tersebut.
16. Pamerkan DReAM karya anak-anak dan pengunjung di Kafe Ilmu sepanjang Car Free Day.
17. GeMBIRA dengan Sesama
Tanggal 19 Agustus adalah saat peluncuran kampanye global untuk Hari Kemanusiaan Sedunia. Kampanye tahun ini, “Dunia Membutuhkan Lebih Banyak” mengubah kata-kata menjadi dukungan nyata bagi komunitas yang terdampak krisis kemanusiaan. Beyoncé, Gucci, Barclays Bank, Western Union dan Intel bergabung bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi lainnya untuk mengingat mereka yang kehilangan nyawa. Peringatan tersebut juga menjadi kesempatan untuk memperingati semangat yang menginspirasi para pelaku kemanusiaan yang bekerja di seluruh dunia. Antara tanggal 19 Agustus dan 24 September, Kamu dapat “share” dana yang dijanjikan oleh brand internasional dengan membagi kata yang disponsorinya melalui sosial media dan website kampanye www.worldhumanitarianday.org. Setiap kali sebuah kata yang disponsori dishare, US$1 akan dimanfaatkan untuk kegiatan kemanusiaan di belahan dunia yang kekurangan pendanaan untuk krisis kemanusiaan.
a. Minta setiap orang yang kamu temui untuk tweet I think #theworldneedsmore #_________. Share a word. Make it a reality. http://Worldhumanitarianday.org What do you think the world needs more of?
b. Sebarkan brosur YES at School/Madrasah dan meminta anak-anak mendaftarkan diri untuk mengikuti pada Hari Pengurangan Resiko bencana sedunia 9 Oktober 2013 pk 09.00-10.00 di sekolah/madrasah masing-masing.

Tidak ada komentar: