Jumat, 02 Mei 2014

Lokalatih 3C for Agent of Change Towards Child-Friendly School


Notulen Lokalatih 3C “Menjadi Agen MeSRA”
Icebreaking:
1. Membuat lingkaran
2. Telapak tangan kiri dan telunjuk tangan kanan bergerak sesuai kata pilihan : KerLiP, dan….
3. Bu Nia bercerita tentang rangkaian kegiatan
4. Setiap mendengar kata KerLiP telunjuk kanan diangkat
5. Yang tidak bergerak sesuai kesepakatan keluar lingkaran
6. Lingkaran makin kecil sampai setengahnya
7. Berdiri saling berhadapan
8. Bu Nia mempersilakan kelompok yang tetap dalam lingkaran untuk mengatur permainan
9. Disepakati lagu dan gerak Topi saya bundar

Kontrak belajar:
1. HP disimpan, hanya dibuka saat rehat
2. Rehat per sesi 15 menit
3. Diijinkan keluar untuk ke WC
4. ATK disediakan sendiri. Bagi yang tidak membawa boleh meminta ke panitia dengan membayar dalam bentuk tertentu
5. Bergiliran mendengarkan dan menyimak instruksi dengan sepenuh hati
8.50-8.56 : mahkota dan berkelompok dalam 5 hitungan
08.56- 09.10 :
1. Membuat lingkaran dibagi 4
2. Membuat mandala diri: Bercerita dan Mendengarkan
Pertanyaan yang membantu
a. Apakah Lagu favorit
b. Pengalaman mencipta sesuatu tapi tidak berhubungan dengan prestasi akademik selama ini
c. Pengalaman yang paling berkesan selama ini
d. Hal yang paling membanggakan yang dicapai selama 1 tahun ini
Simulasi oleh Arlian
a. Ibu Nia bercerita
b. Arlian mendengarkan
c. Posh it dibagi 2

Catatan simulasi
a. Lagu favorit bu Nia tadinya Laskar pelangi tapi berubah jadi lagu “Kau yang terhebat” dari Koboy Junior setelah berproses bersama para penyintas anak di Kabanjahe . Suka lagu itu karena mendapatkan semangat luarbiasa dari para penyintas anak. Kamisepakat mempunyai mimpi yang sama, gagal dan rasa takut dan kami siap memulai melakukan. Satu kata inspiratif menurut Arlian dari cerita tersebut : Menginspirasi
b. Selama ini tidak pernah ke dapur, tidak memasak, tidak ada yang mendorong bias memasak. Suatu hari orangtua ibu mau ulang tahun, orangtua ibu sangat pandai memasak, terpikir akan membuat kue, browsing, buat kue, ternyata gagal, betapa bahagia saat maminya bilang kalau ini kue terhebat, resep bolu bantat, setiap acara tertentu pasti mami selalu bilang . Menurut Arlian, seperti apa pengalaman menciptanya : selalu berusahan ibu jadi bangga
c. Perjalanan ke Kabanjahe, yang pertama langsung berhubungan dengan anak2, dan ternyata anak2 tsb anak2 yang luar biasa hebat. Makin yakin smeua anak adalah bintang. Tinggal tombol on ofnya dipijit oleh orangtua. Menurut Arlian : Berpikir positif
d. Keempat : hal yang paling membanggakan dicapai selama 1 tahun teakhir. Sebenarnya, merasa bangga dengan perkembangan yang dicapai Arlian. Arlian menunjukkan konsistensi untuk mencapai hal seperti ini sejak 2010 didampingi. Menurut Arlian : Guru Inspirasi, terimakasih Arlian, jadi terharu

Hasilnya akan ditempel dan bergantian cerita di satu kelompok tertentu
Pertanyaan yang ditulis Arlian akan ditempel untuk membantu
Belajar melakukan ppresiasi dengan 1 kata inspiratif untuk setiap pertanyaan yang membantu
Teknik “Mandala Diri” di kelompok bisa dilaksanakansatu per satu sampai selesai, tetapi dalam lokalatih ini hanya disediakan 20 menit per kelompok
Selamat bersenang-senang dengan teman-teman!

Catatan proses 09:10 – 09:38
1. Masih saling menunggu perlu icebreaking yang lebih melekatkan hubungan“bonding”
2. Allisa masih menjadi observer internal, perlu belajar berinteraksi diusulkan untuk mengajak teman-teman sebayanya Akan ditawarkan penanganan psikososial pasca UN bagi anak-anak SDN Coblong IV untuk mengujicobakan mandala diri dengan kelompok sebaya

Waktu ditambah 5 menit
Kelompok yang sudah selesai bisa mengobrol dan menghias lingkaran

09:38 sd 09:42
Bagian tengah : memilih 3 kata inspiratif, yang sering muncul atau yang paling disukai.
Ibu bisa memilih kata inspiratif
09:42 sd 09:45 memilih perwakilan kelompok, boleh menyampaikan mandala diri atau mandala diri orang lain
09.:46 sd 10:05 Sepanjang sesi, bergantian yang presentasi agar semua mendapatkan bagian
1. saat diskusi kedepan, waktu yang disediakan 2 menit
2. mulai belajar dari hal-hal kecil, apresiasi teman-temannya


Presentasi Mandala diri

1. Dina, Bilqis, Alfa menampilkan mandala diri masing-masing (cek di dokumentasi)
2. Kelompok 5 : Alan
Lagu favorit
1. Saya pelindungmu, melindungi seseorang
2. Pengalaman paling berkesan modal nekad jalan-jalan ke yogya, menginap di pelataran masjid
3. Peduli care, traveler, keren dan nekad
3. Kelompok 1
Lain sendiri, menggabungkan mandala kelompok.


Catatan dari bu Nia:
 Mandala yang dibuat teman- teman adalahdata penting, penyemangat, bukan karena narsis tapi karena diapresiasi orang lain.

 Mandala diri Arlian tetap disimpan sejak disusun 2010 lalu.
 3 kata inspiratif dari lingkaran tengah mandala mandiri, tulis di 3 puncak mahkota, mudah2an akan terus mengingatnya karena inspiratif. Ada sesi foto dan cerita mahkotanya Jika tidak puas, bisa dihias dan dilengkapi serta disimpan.


10:05-10.30 Refleksi

Kesan yang paling mendalam, indikator warna dan saran perbaikan
Saat melakukan kegiatan hal yang menarik dan saran perbaikan.
Hal yang paling slit dilakukan adalah membuat narasi
Membuat narasi akan lebih banyak orang yg terinspirasi

Kapan diisi, warna yg memberi kesan yg paling mendalam
Kapan mengisinya, begitu mendapatkan AHA, boleh menuliskan kesan yang mendalam di setiap tahap kegiatan


10:30 – 10:48 Membuat book of me

Presentasi Zero waste event Arlian
Pilihan isu yang dilaminating bu Nia ditempel di dinding
Bursa Isu, fokus pada 1 isu yang akan dikerjakan agar memiliki action plan dari isu yang terpilih. Tersedia isu yang masih kosong untuk membuka peluang isu-isu baru dari teman-teman,

Model Book of Me Arlian sangat keren, namun lupa dicari di Kanayakan. Jadi memaparkan book of me bu Nia sejak 2006-2011
Isu yg dipilih : pengolahan sampah, mulai dengan pendampingan KIR. 2006 ada Dyah ketua OSIS yang kini baru pulang dari AFS di USA sekarang kuliah di Desain ITB

2007 mengalami hambatan sekaligus tantangan dr kepala sekolah. Bagaimanapun harus dibuktikan
Akhirnya memilih jadi kepompong dengan harapan menuai bening, pohon boleh 1 tapi buah macam2

2008 mengikuti kegiatan guru2 di Pasuruan, 16 negara, orang2 yg memiliki kepedulian tinggi thd lingkungan. Makin yakin kalau perlu dibuktikan. Pulang, bertemu dg 4 jagoan dipimpin Ares
Anak Band, gaul, hapus Styrofoam. Sepakat mengukur jumlah Styrofoam dalam sampah setiap kelas. Mendiskusikanaksi bersama. Lalu enjelaskan setiap kelas atau minta ke kepala sekolah didepan upacara
Kelas 7 bertemu dg Ami, menjadikan sumber inspirasi bagi kita hari ini
Ami dg learning by doingnya tetap melakukan evaluasi kekurangan 2006. Alhamdulillah merasa mulus sd 2008, banyak prestasi didapatkan, hadiahnya. Hidup makin berarti

2010 bertemu Arlian, inspeksi ke kolong2 bangku tiap kelas, memilah sendiri, bank sampah, takakura dst, kemudian isu yg paling membuat Arlian banget Zero Waste Event, hidup sampai 1 kelasnya pemilahan 8 sampah anorganik

Visi kedepan, ternyata ada Arlian dan Ria
Alhamdulillah, visi berikutnya :
Sekolah yg benar2 berbeda, laki2 banget
Menjadi hebat itu, bebas melampaui batas yg dia harapkan.

10:48-11.30
Apa yg akan dilakukan sepanjang bulan Mei, 6 bulan kedepan, setahun kedepan, atau terserah mau apa. Setiap orang menyusun book of me sesuai dengan isu yang dipilih dari bursa isu.

Pengelompokan isu berdasarkan book of me
1. Pendidikan dan kebudayaan
2. Pengangguran
3. Makanan bergizi
4. Remaja gaul tanpa sex
5. Anti rokok
6. Perlindungan Anak
7. Lingkungan Hidup
Khusus kelompok Pendidikan

Alfa
Pendidikan karakter, dulu dg disiplin militer
1. Inlove with yourself
2. family intention
3. Membiarkan anak bermimpi
4. Be better, be stronger

Ksatria
Isu Anak jalanan
1. Miskin, tertinggal, terbelenggu tidak dapat kebebasan
2. Tindakan cepat bisa menjadi sosok siswa yg hebat, ada semangat kekeluargaan,
Jadi manusia suuper

Riska
Pentingnya pendidikan anak usia dini
Bergantung pada golden age
Bagaimana: petualangan edukasi, ini warna apa, jumlahnya berapa, tidak mendikte, rumah nyaman bagi anak
Tujuan PAUD

Bilqis
1, Demo2 orang sunda ttg politik
2. Marah hanya nyanyi doang, penguuatan gerakan memilih pemimpin
3. Kesel gara2 budaya sunda ditinggalin
4. Premanisme politik, dibayar utk memilij
5. Cobalah pikirkan

Iwang

Sekolah Idaman, ada penghargaan, tetap pakai toga, bisa mengenal alat musik, ameng di taman kota, santai dan menikmati

Problematika kehidupan, keluarga tetap yg utama, unik,
Ibu, hadiah

Setiap kelompok menyusun tabel

Hobby, Minat, ketertarikan -->passion
Soft skill --memasak, komunikatif, percaya diri
Isu sosial : jajanan kurang sehat
Kelompok masyarakat : siswa SMA kelas 10, berapa lama
Ide sosial : gerakan makanan sehat di kantin sekolah


ISHOMA sd 12.30

12.40 – 14.15
Presentasi setiap kelompok
1. Kelompok Pengangguran ide sosial “youth Ecosocpreneur Internship dibiayai dari pemilahan sampah di sekolah, sasaran SMP/SMA
2. Kelompok Remaja Gaul Tanpa Sex “Gerebek” di SMAN 20 Bandung
3. Kelompok Pendidikan sekolah kita untuk anak jalanan
4. Kelompok Anti Rokok SMA Alfa Centauri, sosialisasi
5. Kelompok Makanan bergizi SD dekat rumah, jajanan sehat dan ke ibu hamil menyusui
6. Kelompok Lingkungan Hidup SMP 41, sekolah bersih dan sehat

Semuanya investasi. Bursa program yang paling laku Pendidikan, akan dipresentasikan tanggal 3 Mei di SD Al Amin

Jam 14.15 -14.35 Presentasi Youth Ecosocpreneur Internship dari Zakky bisa dibeli dengan menjadi Agen MeSRA diperkuat Ibu Yanti dengan menghadirkan Narasi Safari GeMBIRA oleh Sendra dan Bilqis, peuturan Agenda Bulan Aksi MeSRA oleh Iwang dan memperlihatkan Café Imu GeMBIRA oleh Iyen

14.35 – 15.15 Pembuatan komitmen masing-masing untuk menyediakan investasi sebanding dengan pilihan di Bursa Program. Contoh komitmen bu Nia untuk menggerakkan 1.400 siswa SMPN 11 untuk memastikan setiap Ide Sosial yang dipresentasikan menjadi pilihan kegiatan dalam upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMPN 11 Bandung

15.15-15.30 Foto Bersama dan penyepakatan penggunaan twitter untuk media komunikasi

Tidak ada komentar: