Kamis, 03 Oktober 2013

PROFIL KERLIP


Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) dibentuk pada tanggal Dua puluh Lima Desember, tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan, di Bandung, Jawa Barat dan DKI Jakarta, berbadan hukum pada tanggal dua belas April tahun dua ribu empat,dihadapan Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH, dengan nomor 7 dan nomor 12 dengan nama Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan dengan singkatan KerLiP.
Pada awal berdirinya, perkumpulan ini mengembangkan model- model pendidikan berprogram khas di jalur pendidikan formal, nonformal dan informal. Prinsip kepentingan terbaik bagi anak dan perempuan terus menerus diteliti dan dikembangkan terutama terhadap untuk mendorong pemenuhan hak atas pendidikan dan perlindungan hak anak terutama dari keluarga dan komunitas yang terpinggirkan.
Kami mulai menggiatkan Sepekan Aksi Pendidikan Untuk Semua di kota Bandung sejalan dengan prakarsa Global Campaign for Education pada tahun 2002. Tujuan kampanye Pendidikan Untuk Semua adalah mendorong pemerintah dan pemerintah daerah untuk menyediakan anggaran yang memadai dalam memenuhi hak konstitusional rakyat Indonesia terkait 6 target dalam Kerangkan Kerja Dakkar mengenai Pendidikan Untuk Semua. Kampanye dan Advokasi Pendidikan Untuk Semua menghubungkan KerLiP dengan para pemangku kepentingan pendidikan di tingkat kota, provinsi, nasional, regional, bahkan global.
Seiring dengan berkembangnya kemitraan dengan keluarga dan komunitas di daerah bencana pasca tsunami Aceh, KerLiP mengembangkan model pendidikan Lingkungan Hidup dan Bencana. Hal ini merupakan tindakan dalam menyikapi kondisi ekploitasi lingkungan hidup yang semakin masif dan bencana yang menelan korban terutama pada usia anak di seluruh Indonesia serta peran penting pendidikan dalam peningkatan kemampuan masyarakat termasuk perempuan dan anak dalam upaya pengurangan risiko bencana.
Keterlibatan KerLiP didalam penanggulangan bencana sejak pasca bencana Tsunami di Aceh, Tsunami Pangandaran Jawa Barat dan DKI Jakarta, Gempa Jogjakarta, Gempa Sumatera Barat, Banjir Jakarta, serta Gempa Tasikmalaya Jawa Barat dan DKI Jakarta dalam bentuk bantuan peningkatan kapasitas lokal, pengiriman bantuan spesifik perempuan dan anak sekolah, dan batuan kemanusiaan lainnya. Sejak tahun 2009 KerLiP berjejaring dengan para pelaku penanggulangan bencana dengan menjadi anggota Presidium Konsorsium Pendidikan Bencana dan Kordinator Bidang Pendidikan dan IPTEK Platform Nasional Pengurangan Resiko Bencana. Dalam upaya mendorong pengurangan resiko bencana di pendidikan kami mendorong penerapan sekolah/madrasah aman dari bencana terintegrasi dengan model-model Pendidikan Ramah Anak lainnya. Seluruhnya merupakan pengalaman yang sangat berharga, untuk menumbuhkembangkan gagasan, ide dan pemikiran kedalam suatu tindakan didalam upaya pencapaian Visi dan Misi Gerakan.

PRINSIP DAN NILAI
Perkumpulan KerLiP berkomitmen penuh memegang teguh tata kelola pemerintahan yang baik berlandaskan prinsip-prinsip hak anak yang non diskriminatif, kepentingan terbaik anak selalu menjadi pertimbangan utama, kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak serta hak partisipasi anak untuk didengarkan pendapatnya dan ditanggapi dengan sungguh-sungguh. Kami menjunjung tinggi nilai-nilai
1. Tumbuh bersama
2. Partisipatif
3. Keadilan sosial
4. Otonomi

VISI KerLiP
Pada tahun 2019, Perkumpulan KerLiP menjadi gerakan sosial kritis keluarga peduli pendidikan untuk mendorong pemenuhan hak hidup bermartabat terutama hak atas pendidikan, perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan di bidang pendidikan, lingkungan hidup dan kebencanaan.

MISI KerLiP
1. Bersikap proaktif dalam upaya tumbuh bersama mengembangkan kelembagaan dan kemitraan yang menjunjung tinggi prinsip dan nilai KerLiP
2. Meneliti dan mengembangkan model-model gerakan keluarga dan komunitas dalam kerangka aksi Pendidikan Untuk Semua dan Pengurangan Risiko Bencana
3. Memobilisasi sumber daya yang ada demi kepentingan terbaik anak dan perempuan
4. Mengurangi kesenjangan dalam pemenuhan hak hidup bermartabat melalui pengembangan pendidikan anak merdeka di sekolah dan pendidikan formal, non formal dan informal lainnya

STRUKTUR ORGANISASI KerLiP
ANGGOTA
1. Sandi Sahrinnurrahman, STP
2. MH Aripin Ali
3. Yanti Sriyulianti (Anggota Tetap)
4. Adi P Hendarin (Anggota Tetap)
5. Yusron Saaroni
6. Herry Sugiharto (Anggota Tetap)
7. Iwan Setiawan
8. Lukmanul Hakim

PENGAWAS
Ketua : Herry Sugiharto
Anggota :
1. Adi P Hendarin
2. Nia Kurniati

DEWAN PAKAR DAN PENASEHAT

1. Utomo Dananjaya
2. Prof. Dr. Fasli Jalal
3. Prof. Dr. S. Hamid Hasan
4. Prof. Dr. H. A. R Tilaar
5. Deddy S Panigoro
6. Antarina SF Amir
7. Drs. Zulfikrie Anas
8. Hening Parlan
9. Pdt. Jonathan Victor Rembeth
10. Dadang Sudardja
11. Dr. Ir. Susi Fatena
12. Sinta Kaniawati



PENGURUS
Ketua : Yanti Sriyulianti
Sekretaris : Sandi Sahrinnurrahman
Bendahara :
1. Nurasiah Jamil
2. Achmad Jejen
Penelitian dan Pengembangan
Direktur : Aldissain Jurizat
Tim Ahli :
1. Enung Sumarni
2. Susi Fitri
3. Irsyad Ridho
4. Gatot Goei
5. Ary Nilandari
6. Nuning Hallet
7. Diana
Program Piloting
1. Penerapan GERA SHIAGA di SMAN 1 Bandung
2. Penerapan GERA SHIAGA di MAN 1 Kota Penerapan GERA SHIAGA di SMAN 13 Bandung
3. Penerapan GERA SHIAGA di Kemenag
4. GERASHIAGA club di SMAN 8 : Arlian Puri
5. GeMBIRA bersama KerLiP di Dago Car Free Day

Badan Otonom:
1. Green Smile Inc.
Direktur : Nurul Fitry Azizah
Koordinator Program
a. SanDi KerLiP : Muhammad Zakky Anwar
b. YES for Safer School/Madrasah

2. GERA SHIAGA Institut :
Direktur : Yunia Vivi Kartika
Koordinator program
a. Roadshow GERA SHIAGA :
 di MAN Insan Cendekia : Marcha
 di Jakarta : Fida
 di Bandung : GSB MSA SMPN 11
 di Lampung Timur dan Selatan : Pokja GSB Forum Anak lampung Timur
b. Produksi Tas AMAN SHIAGA
c. PIN GERA SHIAGA
d. Konsultan Pendidikan

3. KerLiP Production
Producer : Irwan Jabonk
Crew : Andi dan Otoy

Program Prioritas Perkumpulan KerLiP Tahun 2013

1. Kampanye dan Advokasi Sekolah/Madrasah Aman SHIAGA
a. Menjadikan Anak dan Yang Muda Mitra dalam Penerapan Sekolah Aman melalui GERA SHIAGA :
 SMAN 1 Bandung
 MAN 1 kota Bandung
 SMAN 8 Bandung
 SMLB Pembina NTB Mataram
 SMKN 5 Mataram
 Pokja GSB Forum Anak Lampung Timur
 GSB MSA dan MeSRA SMPN 11 Bandung
 MAN Insan Cendekia
 Penobatan Duta Anak untuk Sekolah/Madrasah Aman
 YES for Safer School/Madrasah
 Revitalisasi OSIS dengan gerakan pramuka
b. Ujicoba Juknis monev sekolah/madrasah aman dari bencana terhadap foto-foto hasil rehab 132.317 kelas rusak berat di SD dan 41.027 di SMP serta 7.081 MI di seluruh Indonesia
c. Penobatan Duta Anak untuk Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana
d. Pelembagaan Sekretariat Nasional Sekolah Aman
e. Penyusunan Panduan Monitoring dan Evaluasi Sekolah Aman dari Bencana
f. Roadshow GERA SHIAGA
g. Seminar Internasional Sekolah Aman, Sehat, Hijau, Inklusi dan Ramah Anak dengan dukungan Keluarga
h. Talkshow Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana dalam Arsitektur Expo UPI Bandung
i. Penerapan GERASHIAGA di Madrasah
j. Penerapan Sekolah Ramah Anak
k. Finalisasi penyusunan Pedoman Pembangunan da pengembangan MAN IC
l. Penyusunan Road Map PMU di Madrasah
m. Penyusunan Program Sekolah Akhir Pekan
n. Penyusunan Pedoman Penerapan Sekolah Aman dari Bencana di Pendidikan Menengah
o. Panduan Pendidikan PRB di SMA
p. Panduan Pendidikan PRB di SMLB
2. Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak (GeMBIRA) bersama KerLiP
a. Obrolan Pendidikan Ramah Anak (OPERA) di sekolah/madrasah
b. Obrolan Kesehatan Terpadu Ramah Anak (ORKESTRA) di Posyandu
c. GeMBIRA bersama KerLiP di Car Free Day
d. SAE ASIH di Jabar
e. Penganugerahan KerLiP award

3. Rekrutmen dan Peningkatan Kapasitas Sahabat KerLiP
a. Pendampingan penyusunan workplan mahasiswa dan siswa magang terintegrasi dg program prioritas KerLiP
b. Penerimaan mahasiswa dan siswa magang
c. Penempatan fasilitator sebaya terhadap mahasiswa magang
d. pendampingan penyusunan dreams board da rencana aksi nyata
e. peningkatan partisipasi sobat- sobat muda KerLiP dalam workshop, training, seminat,rapat koordinasi,networking, forum kerjasama KerLiP denganberbagai pihak
f. pengumpulan laporan mingguan serta rencana mingguan dalam format dan waktu yang disepakatibersama
g. pembentukan tim adhoc partisipatif dalam setiap event
h. mediasi aktif untuk peningkatan kompetensi relawan
i. Safer culture exchange program
j. pelatihan fasilitator
4. Penguatan Jejaring dan kemitraan dalam mendukung kerja-kerja advokasi, Pendampingan dan pelaksanaan program Perkumpulan KerLiP :
a. Partisipasi dalam ngabandungan dengan walikota Bandung
b. Pendampingan pelembagaan GSB di SMAN 8 atas prakarsa Arlian
c. Pendampingan Penerapan GERA SHIAGA di SMAN 1 kota Bandung, MAN Insan Cendikia Serpong, Ditma Kanwil Jabar, MAN 1 Kota Bandung
d. piloting program IDAMAN melibatkan multipihak

Artikel dan Berita di Media Cetak dan Elektronik terkait kegiatan KerLiP

 Demo Murid SD Perjuangkan PUS, Republika, Kamis 10 April 2003
 P. Bambang Wisudo, Pendidikan Alternatif :Gerakan Orang Tua Menembus Sekolah, HU Kompas halaman 14 tanggal 11 Oktober 2006
 P. Bambang Wisudo, Pendidikan Alternatif :Anak – anak Merdeka di SD Hikmah Teladan, HU Kompas halaman 14 tanggal 12 Oktober 2006
 P. Bambang Wisudo, Pendidikan Alternatif :Guru – guru yang tak Berhenti Belajar, HU Kompas halaman 14 tanggal 13 Oktober 2006
 P. Bambang Wisudo, Sosok :Pemberontakan Aripin Memperbarui Sekolah, HU Kompas tanggal 17 Oktober 2006
 P. Bambang Wisudo, Pendidikan Untuk Anak ; Suara Mereka Tak Didengar oleh Wakil Rakyat, HU Kompas, Kamis 4 Mei 2006
 Alpha Amirurrahman, Yanti Sriyulianti : Promoting Awareness of Education, The Jakarta Post, p. 24, Thursday, 26 Oktober 2006.
 Yanti Sriyulianti, Sekolah-rumah : Model Pendidikan Anak Merdeka, HU Kompas, 15 Januari 2007
 Yanti Sriyulianti , Komunitas Sekolahrumah : Sebuah Model Pemenuhan Hak Atas Pendidikan, HU Kompas, 2 Mei 2007
 Yanti Sriyulianti, Pendidikan Kesetaraan: Elegi bagi Korban UN, HU Kompas, 2 Juli 2007
 Yanti Sriyulianti, Sekolah-Rumah: Mendidik Anak menjadi Pribadi Dewasa, HU Kompas, 2007
 Yanti Sriyulianti dkk, Menggugat Ujian Nasional: Memperbaiki Kualitas Pendidikan, Teraju (printed by PT Mizan Pustaka, Agustus 2007
 Yanti Sriyulianti, Pemiskinan Melalui Pendidikan, HU Pikiran Rakyat, 15 januari 2009
 SM, Zamzam Muzaki. (2007). Pendidikan, Sekolah dan Belajar. Bandung: Harian Radar Bandung.
 Homeschooling Book, printed by Kompas, 2007
 SM, Zamzam Muzaki. (2007). Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP), Gerakan Sosial Kritis Berbasis Keluarga. Bandung: Harian Radar Bandung.
 Dasawisma Siaga Bencana Book, printed by SC DRR BAPPENAS
 Kurikulum Pendidikan Anak Merdeka, printed by Perkumpulan KerLiP
 Kompas, HU Pikiran Rakyat, Media Indonesia, Republika, Sindo, Radar, Tribun, Tempo, Galamedia, dan Koran local di tempat-tempat kegiatan KerLiP dan mitra 2006-2013 terkait UN (National Examination), Homeschooling, pendidikan alternatif, kebijakan dan implementasi pendidikan, pengurangan resiko bencana, sekolah aman, etc.

Tidak ada komentar: